Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran terhadap Partisipasi dan Keterlibatan Siswa Kelas XI MIPA 6 di SMAN 1 Takalar
Penggunaan media sosial telah menjadi fenomena yang semakin populer di kalangan remaja saat ini. Dalam konteks pendidikan, media sosial juga telah digunakan sebagai alat pembelajaran yang efektif. Namun, masih ada perdebatan tentang pengaruh penggunaan media sosial dalam pembelajaran terhadap partisipasi dan keterlibatan siswa. Artikel ini akan membahas pengaruh penggunaan media sosial dalam pembelajaran terhadap partisipasi dan keterlibatan siswa kelas XI MIPA 6 di SMAN 1 Takalar. Pada era digital ini, media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari siswa. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Oleh karena itu, penggunaan media sosial dalam pembelajaran dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa. Salah satu manfaat penggunaan media sosial dalam pembelajaran adalah meningkatkan partisipasi siswa. Dengan menggunakan media sosial, guru dapat membuat forum diskusi online yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif. Siswa dapat berbagi pendapat, bertukar ide, dan memberikan umpan balik kepada teman sekelas mereka. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan menggunakan media sosial, guru dapat membuat konten pembelajaran yang menarik dan interaktif. Misalnya, guru dapat menggunakan video pendek atau gambar yang menarik untuk menjelaskan konsep-konsep yang sulit. Hal ini dapat membuat siswa lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Namun, penggunaan media sosial dalam pembelajaran juga memiliki beberapa tantangan. Salah satunya adalah risiko gangguan dan distraksi. Siswa mungkin tergoda untuk menggunakan media sosial untuk hal-hal yang tidak terkait dengan pembelajaran selama jam pelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengatur penggunaan media sosial dalam pembelajaran dengan bijaksana. Dalam penelitian ini, kami akan mengumpulkan data tentang penggunaan media sosial dalam pembelajaran dan mengukur partisipasi dan keterlibatan siswa kelas XI MIPA 6 di SMAN 1 Takalar. Kami akan menggunakan metode survei dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang pengaruh penggunaan media sosial dalam pembelajaran terhadap partisipasi dan keterlibatan siswa. Dalam kesimpulan, penggunaan media sosial dalam pembelajaran dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi dan keterlibatan siswa. Namun, penting bagi guru untuk mengelola penggunaan media sosial dengan bijaksana dan mengatasi tantangan yang mungkin muncul. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi guru dan sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam pembelajaran.