Perkembangan Penelitian Berbasis Games dalam Beberapa Tahun Terakhir

essays-star 4 (144 suara)

Penelitian berbasis games telah menjadi topik yang menarik dalam beberapa tahun terakhir. Dalam artikel ini, kita akan melihat perkembangan penelitian berbasis games dari tahun 2017 hingga 2023. Kami akan menganalisis jumlah penelitian yang dilakukan setiap tahun dan melihat tren yang muncul dalam penggunaan games sebagai alat pembelajaran. Tahun 2017 menjadi titik awal penelitian berbasis games yang signifikan. Pada tahun ini, sebanyak 2 penelitian dilakukan dengan menggunakan games sebagai metode pembelajaran. Meskipun jumlahnya masih terbatas, penelitian ini menunjukkan potensi besar dalam penggunaan games dalam konteks pendidikan. Pada tahun 2018, jumlah penelitian berbasis games meningkat menjadi 3. Hal ini menunjukkan minat yang semakin besar dalam penggunaan games sebagai alat pembelajaran. Penelitian-penelitian ini mencakup berbagai topik, mulai dari matematika hingga bahasa Inggris. Tahun 2019 menjadi tahun yang penting dalam perkembangan penelitian berbasis games. Pada tahun ini, jumlah penelitian meningkat menjadi 4. Penelitian-penelitian ini menunjukkan hasil yang positif dalam penggunaan games sebagai alat pembelajaran. Mereka menyoroti manfaat games dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pada tahun 2020, jumlah penelitian berbasis games terus meningkat menjadi 5. Penelitian-penelitian ini mengeksplorasi berbagai aspek games dalam pembelajaran, termasuk penggunaan virtual reality dan augmented reality. Hasil penelitian ini menunjukkan potensi besar dalam penggunaan teknologi ini dalam konteks pendidikan. Tahun 2021 menjadi tahun yang menarik dalam perkembangan penelitian berbasis games. Pada tahun ini, jumlah penelitian meningkat menjadi 6. Penelitian-penelitian ini menyoroti pentingnya desain games yang baik dalam pembelajaran. Mereka menunjukkan bahwa games yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan pemahaman dan retensi siswa. Pada tahun 2022, jumlah penelitian berbasis games terus meningkat menjadi 7. Penelitian-penelitian ini mengeksplorasi penggunaan games dalam berbagai mata pelajaran, termasuk sains dan sejarah. Mereka menunjukkan bahwa games dapat menjadi alat yang efektif dalam mengajarkan konsep-konsep kompleks. Pada tahun 2023, perkembangan penelitian berbasis games mencapai puncaknya dengan jumlah penelitian mencapai 8. Penelitian-penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan games dalam pembelajaran online. Mereka menunjukkan bahwa games dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam gambar 2, kita dapat melihat diagram penggundan model pembelajaran TGT dari tahun 2017 hingga 2023. Diagram ini menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam jumlah penelitian berbasis games setiap tahun. Dalam kesimpulan, penelitian berbasis games telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah penelitian terus meningkat setiap tahun, menunjukkan minat yang semakin besar dalam penggunaan games sebagai alat pembelajaran. Penelitian-penelitian ini menyoroti manfaat games dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.