Perbedaan Pendekatan Understanding by Design dan Konvensional dalam Pembelajaran Matematika

essays-star 4 (285 suara)

Pendahuluan

Pembelajaran matematika sering kali menjadi tantangan bagi banyak siswa. Metode pengajaran yang digunakan oleh guru memiliki peran penting dalam membantu siswa memahami konsep matematika. Dua pendekatan yang sering digunakan adalah Understanding by Design (UbD) dan pendekatan konvensional. Kedua metode ini memiliki perbedaan signifikan dalam cara mereka mengajarkan dan memfasilitasi pemahaman siswa.

Understanding by Design: Pendekatan Berbasis Hasil

Understanding by Design adalah pendekatan pengajaran yang berfokus pada hasil belajar siswa. Dalam pendekatan ini, guru merencanakan pembelajaran dengan mempertimbangkan tujuan akhir atau hasil yang diinginkan. Guru kemudian merancang aktivitas dan penilaian yang akan membantu siswa mencapai tujuan tersebut. Pendekatan ini menekankan pemahaman konsep dan aplikasi dalam situasi nyata, bukan hanya pengetahuan faktual.

Pendekatan Konvensional: Fokus pada Proses

Sebaliknya, pendekatan konvensional dalam pengajaran matematika lebih berfokus pada proses belajar itu sendiri. Guru menggunakan metode pengajaran langsung, di mana mereka memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa. Siswa kemudian diharapkan untuk mengingat dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam latihan dan tes. Pendekatan ini sering kali lebih berfokus pada pengetahuan faktual dan kurang menekankan pemahaman konsep.

Perbandingan Dua Pendekatan

Ketika membandingkan kedua pendekatan ini, ada beberapa perbedaan utama. Pertama, UbD lebih berfokus pada pemahaman konsep dan aplikasi pengetahuan, sementara pendekatan konvensional lebih berfokus pada pengetahuan faktual. Kedua, UbD memerlukan perencanaan yang lebih rinci dan berfokus pada hasil, sementara pendekatan konvensional lebih berfokus pada proses pengajaran dan pembelajaran.

Manfaat dan Kekurangan

Setiap pendekatan memiliki manfaat dan kekurangannya sendiri. Understanding by Design dapat membantu siswa memahami konsep matematika lebih dalam dan menerapkannya dalam situasi nyata. Namun, pendekatan ini memerlukan perencanaan yang lebih rinci dan waktu yang lebih lama. Di sisi lain, pendekatan konvensional lebih mudah diimplementasikan dan memungkinkan pengajaran materi dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Namun, pendekatan ini mungkin tidak efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika secara mendalam.

Kesimpulan

Pendekatan Understanding by Design dan konvensional dalam pengajaran matematika memiliki perbedaan yang signifikan. Understanding by Design lebih berfokus pada hasil belajar dan pemahaman konsep, sementara pendekatan konvensional lebih berfokus pada proses belajar dan pengetahuan faktual. Pilihan antara dua pendekatan ini harus didasarkan pada tujuan pembelajaran, kebutuhan siswa, dan konteks pengajaran.