Pendekatan Normatif dalam Pendidikan

essays-star 4 (280 suara)

Pendekatan normatif dalam pendidikan adalah pendekatan yang berfokus pada norma-norma dan nilai-nilai yang dianggap penting dalam masyarakat. Pendekatan ini bertujuan untuk membentuk karakter dan moral siswa, serta mengajarkan mereka untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai yang dihormati oleh masyarakat. Salah satu aspek penting dari pendekatan normatif adalah pengajaran nilai-nilai moral kepada siswa. Dalam pendekatan ini, guru berperan sebagai model yang baik dan memberikan contoh tentang bagaimana hidup dengan integritas dan bertanggung jawab. Guru juga mengajarkan siswa tentang nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, disiplin, dan rasa hormat kepada orang lain. Selain itu, pendekatan normatif juga melibatkan penggunaan aturan dan tata tertib dalam lingkungan pendidikan. Dalam pendekatan ini, siswa diajarkan untuk menghormati aturan dan mengikuti tata tertib yang telah ditetapkan. Hal ini membantu siswa untuk belajar mengendalikan diri, menghargai hak orang lain, dan mengembangkan sikap disiplin. Pendekatan normatif juga menekankan pentingnya menghargai perbedaan dan mempromosikan inklusi dalam pendidikan. Siswa diajarkan untuk menghormati dan menerima orang lain yang memiliki latar belakang, kepercayaan, dan nilai-nilai yang berbeda. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang inklusif dan mengajarkan siswa untuk hidup dalam masyarakat yang beragam. Dalam dunia nyata, pendekatan normatif dalam pendidikan dapat ditemukan dalam berbagai kegiatan di sekolah. Misalnya, sekolah dapat mengadakan program pengajaran nilai-nilai moral, seperti kegiatan pengabdian masyarakat atau program pembinaan karakter. Selain itu, sekolah juga dapat memiliki aturan dan tata tertib yang jelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan teratur. Dalam kesimpulan, pendekatan normatif dalam pendidikan adalah pendekatan yang berfokus pada norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat. Pendekatan ini melibatkan pengajaran nilai-nilai moral, penggunaan aturan dan tata tertib, serta penghargaan terhadap perbedaan dan inklusi. Dalam dunia nyata, pendekatan ini dapat ditemukan dalam berbagai kegiatan di sekolah.