Pendekatan Berbeda dalam Penilaian Pembelajaran

essays-star 4 (128 suara)

Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan, terdapat tiga konsep penilaian yang berbeda: "Assessment for learning," "Assessment as learning," dan "Assessment of learning." Ketiganya memiliki sudut pandang dan pendekatan yang unik terhadap proses pembelajaran.

Perbedaan antara "Assessment for learning," "Assessment as learning," dan "Assessment of learning"

1. Assessment for Learning:

"Assessment for Learning" merupakan penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik kepada siswa sehingga mereka dapat memperbaiki pemahaman dan kinerja mereka. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pembelajaran dengan membantu siswa menyadari kekuatan dan kelemahan mereka serta mengembangkan strategi perbaikan.

2. Assessment as Learning:

Di sisi lain, "Assessment as Learning" menempatkan siswa sebagai subjek aktif dari penilaian. Siswa tidak hanya menerima umpan balik, tetapi juga terlibat secara langsung dalam proses evaluasi diri sendiri. Mereka menggunakan informasi dari penilaian untuk merefleksikan pemahaman mereka sendiri tentang materi pelajaran.

3. Assessment of Learning:

Sementara itu, "Assessment of Learning" lebih fokus pada hasil akhir atau produk akhir dari pembelajaran siswa. Ini mencakup penggunaan tes standar atau proyek akhir untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa.

Contoh dari Ketiga Jenis Penilaian

Untuk memberikan gambaran konkret, mari kita lihat contoh-contoh implementasi ketiga jenis penilaian ini.

- Contoh Assessment for Learning: Seorang guru memberikan umpan balik formatif kepada siswanya setelah ujian tengah semester agar mereka dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk ujian akhir.

- Contoh Assessment as Learning: Siswa diberi kesempatan untuk mengevaluasi presentasi teman sekelasnya berdasarkan rubrik tertentu setelah belajar teknik presentasi di kelas.

- Contoh Assessment of Learning: Sebuah sekolah menggunakan tes standar nasional sebagai alat ukur pencapaian akademis siswanya di tingkat nasional.

Contoh Konkret Implementasi dalam Kelas

Sebagai seorang guru matematika, saya sering menerapkan ketiga jenis penilaian ini dalam kelas saya secara riil. Misalnya, saya akan memberikan soal latihan tambahan (assessment for learning) sebelum ujian besar agar para siswa bisa melihat dimana letak kekurangan mereka; kemudian kami akan melakukan refleksi bersama atas jawaban-jawaban tersebut (assessment as learning). Selain itu, saat ulangan harian atau UTS/UAS digunakan sebagai bentuk assessment of learning guna mengukur pencapaian belajar para murid sesuai kurikulum yang ada.

Kesimpulan

Melalui penerapan ketiga jenis penilaian ini dengan tepat sesuai konteksnya maka kita dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi para peserta didik dengan cara membuat sistem evaluatif menjadi sebuah bagin integral dari proses belajar-mengajar itu sendiri.

Catatan Akhir

Artikel ini bertujuan menjelaskan perbedaan antara “assessment for,” “assessment as,” and “assessment of”learning beserta contohnya serta aplikasinya di dunia nyata seperti halnya lingkungan kelas Anda sebagai guru matematika.