Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Community dengan Metode Kolaborasi dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Toikum Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023

essays-star 4 (314 suara)

Pendahuluan: Model pembelajaran Learning Community dengan metode kolaborasi dan diskusi kelompok telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model tersebut pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Toikum. Bagian: ① Latar Belakang: Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Community dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka. Namun, belum ada penelitian yang mengaplikasikan model ini pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Toikum. ② Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan melibatkan siswa kelas XI IPS sebagai subjek penelitian. Model pembelajaran Learning Community akan diterapkan dengan metode kolaborasi dan diskusi kelompok dalam pembelajaran sejarah. ③ Temuan Penelitian: Setelah menerapkan model pembelajaran Learning Community, terjadi peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, saling berkolaborasi, dan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam. Kesimpulan: Penerapan model pembelajaran Learning Community dengan metode kolaborasi dan diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Model ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka dalam pembelajaran.