Pengalaman Merdeka Belajar sebagai Peserta Didik
Ketika saya menjadi peserta didik, saya belum memiliki kemerdekaan dalam belajar. Pada saat itu, saya hanya belajar sesuai dengan arahan dari guru dan terpaku pada satu buku mata pelajaran. Namun, ketika saya belajar di PPG Prajabatan ini, saya merasa telah merdeka belajar. Saya dapat belajar dimana saja, belajar dari mana saja, dan memanfaatkan berbagai sumber pengetahuan yang begitu luas. Sebagai peserta didik, saya merasa terbatas dalam belajar di lingkungan sekolah. Saya hanya bisa belajar di kelas, dengan buku teks sebagai satu-satunya sumber informasi. Namun, ketika saya memasuki program PPG Prajabatan, saya menyadari bahwa belajar tidak terbatas pada ruang kelas. Saya dapat belajar di mana saja, baik di rumah, di perpustakaan, atau bahkan di taman. Saya dapat memanfaatkan teknologi seperti internet untuk mengakses berbagai sumber pengetahuan yang begitu luas. Dengan begitu, saya dapat memperluas wawasan dan pengetahuan saya dengan lebih efektif. Selain itu, sebagai peserta didik, saya juga merasa terbatas dalam belajar dari satu sumber informasi. Saya hanya mengandalkan buku teks sebagai satu-satunya referensi. Namun, ketika saya belajar di PPG Prajabatan, saya diperkenalkan dengan berbagai sumber pengetahuan yang beragam. Saya dapat membaca artikel, menonton video, atau mendengarkan podcast untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mendalam. Dengan begitu, saya dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang topik yang sedang saya pelajari. Selain itu, sebagai peserta didik, saya juga merasa terbatas dalam belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar saya sendiri. Saya harus mengikuti tempo dan metode pengajaran yang ditentukan oleh guru. Namun, ketika saya belajar di PPG Prajabatan, saya diberikan kebebasan untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar saya sendiri. Saya dapat mengulang materi yang sulit bagi saya, atau melompat ke materi yang lebih menantang. Dengan begitu, saya dapat mengoptimalkan proses belajar saya dan mencapai hasil yang lebih baik. Dalam kesimpulan, pengalaman merdeka belajar sebagai peserta didik sangat berbeda dengan pengalaman belajar di lingkungan sekolah. Dalam PPG Prajabatan, saya merasa memiliki kemerdekaan dalam belajar. Saya dapat belajar dimana saja, belajar dari mana saja, dan memanfaatkan berbagai sumber pengetahuan yang begitu luas. Hal ini memungkinkan saya untuk memperluas wawasan dan pengetahuan saya dengan lebih efektif. Dengan demikian, pengalaman merdeka belajar ini telah memberikan dampak positif dalam perjalanan pendidikan saya.