Contoh Soal dan Kunci Jawaban tentang Cara Mencari Skal
Pendahuluan: Memahami cara mencari skala adalah penting dalam matematika. Berikut adalah contoh soal dan kunci jawaban yang dapat membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih baik. Bagian pertama: Soal 1 - Diberikan sebuah peta dengan skala 1:50.000, jika jarak antara dua kota dalam peta adalah 10 cm, berapa jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut? Untuk mencari jarak sebenarnya antara kedua kota, kita perlu menggunakan rumus skala. Rumusnya adalah jarak sebenarnya = jarak dalam peta / skala. Dalam soal ini, jarak dalam peta adalah 10 cm dan skala adalah 1:50.000. Jadi, jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut adalah 10 cm / 50.000 = 0,0002 km atau 200 meter. Bagian kedua: Soal 2 - Sebuah bangunan memiliki panjang 15 meter dalam skala 1:100. Jika panjang bangunan dalam peta adalah 3 cm, berapa panjang sebenarnya dari bangunan tersebut? Untuk mencari panjang sebenarnya dari bangunan, kita juga menggunakan rumus skala. Rumusnya adalah panjang sebenarnya = panjang dalam peta / skala. Dalam soal ini, panjang dalam peta adalah 3 cm dan skala adalah 1:100. Jadi, panjang sebenarnya dari bangunan tersebut adalah 3 cm / 100 = 0,03 meter atau 30 cm. Bagian ketiga: Soal 3 - Dalam sebuah peta dengan skala 1:200.000, jarak antara dua kota adalah 8 cm. Berapa jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut? Sekali lagi, kita menggunakan rumus skala untuk mencari jarak sebenarnya. Rumusnya adalah jarak sebenarnya = jarak dalam peta / skala. Dalam soal ini, jarak dalam peta adalah 8 cm dan skala adalah 1:200.000. Jadi, jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut adalah 8 cm / 200.000 = 0,00004 km atau 40 meter. Kesimpulan: Dengan memahami cara mencari skala, siswa dapat menghubungkan antara ukuran dalam peta dengan ukuran sebenarnya. Latihan dengan contoh soal dan kunci jawaban seperti ini dapat membantu siswa memperkuat pemahaman mereka dalam konsep ini. Dengan memahami konsep skala, siswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam situasi dunia nyata, seperti membaca peta atau merancang bangunan.