Pengaruh Kemampuan Awal Siswa terhadap Nilai UTS Matematika pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan"\x0a\x0a2.

essays-star 4 (220 suara)

Latar Belakang:

Nilai UTS semester genap peserta didik SMPN di wilayah tersebut hampir 60% mend rata-rata dibawah KKM sebesar 60 dimana nilai KKM mata sebesar 75. Faktor yang menyebabkan nilai UTS peserta didik sangat rendah karena disebabkan kurangnya kemampuan awal siswa dalam memahami matematika, memecahkan masalah matematika, dan kreatif dalam pembelajaran. Metode dan media yang digunakan kurang sesuai dengan pembelajaran yang diberikan. Peserta didik memiliki gaya belajar yang sangat beragam, kurangnya kemampuan awal, kemampuan pemecahan masalah, dan pemahaman konsep matematika.

Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitiannya:

Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan antara kemampuan awal siswa dalam memahami matematika, memecahkanalah matematika, dan kreativitas dalam pembelajaran dengan nilai UTS Matematika pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan? Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal siswa dalam memahami matematika, memecahkan masalah matematika, dan kreativitas dalam pembelajaran dengan nilai UTS Matematika pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Landasan Teori:

a) Teori Belajar Matematika: Menekankan pentingnya pemahaman konsep dasar.

b) Teori Pembelajaran Aktif: Menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian Terdahulu dan Kerangka Berpikir:

Terdapat peningkatan perhatian terhadap peran kemampuan awal siswa dalam mencapai hasil belajar