Tujuan Kurikulum dan Alat Evaluasi dalam Pendidikan
Dalam pendidikan, tujuan kurikulum dan alat evaluasi memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan siswa. Tujuan kurikulum adalah tujuan yang dapat diukur, yang mengarah pada perubahan tingkah laku siswa. Ebel (1965) berpendapat bahwa jika tujuan pendidikan tidak dapat diukur, maka tujuan tersebut perlu diubah agar hasilnya dapat diukur. Dalam praktik sehari-hari di sekolah, tujuan ini dikenal sebagai Tujuan Instruksional Umum (TIU). Tujuan pendidikan dapat dirumuskan pada tiga tingkatan. Pertama, tujuan umum pendidikan menentukan kebutuhan dan relevansi suatu program. Kedua, tujuan yang didasarkan pada tingkah laku siswa. Dalam beberapa dekade terakhir, telah dilakukan banyak upaya untuk menganalisis dan mengklasifikasikan tingkah laku siswa dalam konteks pendidikan. Taksonomi Bloom adalah salah satu taksonomi yang umum digunakan, yang mengklasifikasikan tingkah laku siswa menjadi tiga kategori: kognitif, afektif, dan psikomotor. Namun, dalam pelaksanaan pendidikan, ketiga tingkatan tujuan ini seringkali sulit untuk diimplementasikan. Penafsiran yang subjektif dan kesulitan dalam menjelaskan tujuan umum secara terperinci menjadi tantangan dalam praktiknya. Oleh karena itu, perlu adanya taksonomi yang dapat membantu menghubungkan tujuan umum dengan tujuan yang lebih terperinci. Salah satu taksonomi yang banyak digunakan adalah taksonomi Bloom. Bloom dan Krathwohl telah memberikan inspirasi bagi banyak orang dalam mengembangkan taksonomi lain. Terdapat empat prinsip dasar yang digunakan dalam taksonomi Bloom, yaitu prinsip metodologis, prinsip psikologis, prinsip epistemologis, dan prinsip sosial. Dengan adanya tujuan kurikulum yang jelas dan alat evaluasi yang tepat, pendidikan dapat menjadi lebih terarah dan efektif. Tujuan yang dapat diukur membantu mengukur keberhasilan siswa, sementara alat evaluasi membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, tujuan kurikulum dan alat evaluasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam bab selanjutnya, akan dibahas lebih lanjut mengenai taksonomi Bloom dan bagaimana taksonomi ini dapat digunakan dalam merumuskan tujuan yang operasional.