Perkembangan Islam di Indonesia: Tafsiran Teori-teori yang Mendukung
Teori Gujarat Menurut teori yang didukung oleh Snouck Hurgronje, W.F Suttherheim, dan B.H.M. Vtekke, agama Islam masuk ke Nusantara sekitar abad XIII, dibawa oleh para pedagang Islam dari Gujarat, India. Ada dua bukti yang mendukung teori ini. Pertama, batu nisan Sultan Malik Al-Saleh, sultan Samudra Pasai (meninggal tahun 1297) yang bercorak Gujarat (India). Kedua, tulisan Marco Polo, seorang pedagang dari Venesia, yang menyatakan pernah singgah di Perlak (Peureula) pada tahun 1292 dan mendapati banyak penduduknya beragama Islam serta peran pedagang India dalam penyebaran agama tersebut. Teori Mekkah Menurut teori yang didukung oleh Buya Hamka dan J.C. van Leur, pengaruh Islam telah masuk ke Nusantara sekitar abad VII, dibawa langsung oleh para pedagang Arab. Buktinya adalah adanya permukiman Islam tahun 674 di Baros, pantai sebelah barat Sumatra. Teori Mekkah menyanggah Teori Gujarat dengan meyakini bahwa Islam yang berkembang di Samudra Pasai menganut mazhab Syafi'i, mazhab besar di Mesir dan Mekkah pada masa itu, sedangkan daerah Gujarat menganut mazhab Hanafi. Selain itu, sultan-sultan Pasai menggunakan gelar al-malik, gelar yang lazim dipakai di Mesir saat itu. Teori Persia Menurut teori yang didukung oleh Hoesein Djajadiningrat, Islam di Indonesia dibawa masuk oleh orang-orang Persia sekitar abad XIII. Bukti pendukung teori ini adalah adanya upacara Tabot, upacara memperingati meninggalnya Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad, di Bengkulu dan Sumatra Barat (Tabuik) setiap tanggal 10 Muharam atau 1 Asyura. Upacara ini juga merupakan ritual tahunan di Persia. Selain itu, ada kesamaan antara ajaran sufi yang dianut Syekh Siti Jenar dan sufi Iran beraliran Al-Hallaj. Tafsiran dan Kesimpulan Dari tafsiran terhadap ketiga pandangan tersebut, umumnya orang menerima bahwa Islam sudah masuk ke Indonesia sejak abad VII, namun baru berkembang pesat pada abad XIII sejalan dengan semakin mundurnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia serta semakin ramainya pedagang Arab, Persia, dan Gujarat ke Indonesia. Kesimpulannya, perkembangan Islam di Indonesia merupakan hasil dari interaksi antara pedagang dari Gujarat, Arab, dan Persia dengan masyarakat setempat. Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai waktu dan jalur masuknya Islam, penting untuk menghargai kontribusi dari berbagai kelompok tersebut dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.