Reformasi Birokrasi dalam Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19 di Indonesi
Penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di Indonesia menjadi contoh yang menarik untuk reformasi birokrasi 2020 -2024. Terdapat delapan area perubahan yang terjadi, yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM aparatur, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, peningkatan kualitas pelayanan publik, penguatan regulasi dan kebijakan serta pengelolaan keuangan negara.
Dalam hal manajemen perubahan, penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 membutuhkan perubahan besar dalam pola pikir dan budaya kerja dari fokus pada pengobatan menjadi pencegahan. Meskipun sudah terlihat beberapa perubahannya seperti penggunaan teknologi informasi untuk pendaftaran dan pelacakan vaksinasi serta upaya edukasi publik yang lebih masif namun masih ada tantangan dalam mengubah mindset dan budaya kerja di beberapa instansi terkait.
Selanjutnya adalah penataan tatalaksana dimana vaksiniasi membutuhkan proses administratif yang efisien dan terintegrasi mulai dari pengadaaan hingga pendistribusian dan pelacakan. Terjadi penyederhanaan prosedur dan digitalisai dalam beberapa tahap seperti pendaftaran online serta sistem pelacakan namun masih ada kendala dalam koordinas antar instansi dan alur logistik yang belum sepenuhnya optimal.
Perubahan selanjutnya adalah pada penataaan sistem manajemen SDM aparatur dimana vaksi niasi membutuhkan tenaga kesehatn yan gterlatihdan termotivasiserta relawan ya ngterorganisir.Terjadi peningkatan rekrutmen d anpelatihan tenaga kesehatansertamobilisasirelawannamunmasihadakekurangantenagakesehatandi beberapadaerah,dankualitaspelatihandanmotivasiperluditingkatkan.
Peningk atan akuntabilitaskinerjamerupakanperuba hanpentingdalampeny el enggar aanv aksi nasidim ana negementransparansidanak unt abilitasd al ampe ng adaa ndistribusi,p el aks ana,namd anp endokument as i.Dal amp eni l aiht erd ap atup ayatr ans par ans im el al uip ub li kas id ata va ksi na sid anlap oranker ja.Nam un,m asiha dak ekuran gan dal ama ks esinf orm as iid anda kur angt erhad apadi beberapadaerah.
Pengu atanpeng awasa nadalahperuba hanlainnyayang pent ingda lampe ny ele nga raavak sinasimi sals eca rame ncega hp ensalah gunadanmemastikankeamanandantelah te rhadappening katanyaterjadipen ingka tanpengawa sar tertentuy angmencakup distribusidanpelakukanvaksi nasiterse butnamunsisi lh celahdalamp engawasanterhadappoten sipenyal ahgunaandanefek sampingvaksi n.Peruba han lain nyaadala hp ening kata nkua litaspela yananpub likyang mudahdiakses ,ramah,dani nf ormat if.Terjad ipeni ngka ta nak sesdan kemuda handalam mendapatkanvak sinasisertau payae dukas ip ublik.Namu nm as ihakese njanga cces dibeb era padankekurang anyainform asiya ng jelasbagimasy araka tandaperlu dipermud ahmelaluieduka si publik.
Selain itu juga diperlukanpengu atanreg ulasia ndanke bij akanagarpenye leng gar aanva ksi nasiberjalanhem at.Sepertiaturant entangs istemprior itaspenerima vak sine td anprot okol pe laksa naanter tadapatpenyesuaiandenganbaik.Namu nm as ihabeberapaatu ranbel umsepenuhnyater integrasidandal amperl udipe rjelas.
Terakhir,yang tidak kalaha penting adalahpengelo laankeuang annegarayangi ef isien.Penyelen ggara anv aksi nasicovid -1 9tel ahme mb ut uh kanpa yg elo laanka uangansecarakomprehensifmulaidari pembiayaanhingga pelaku tan.Berkaitandenga nh alm ini,telah dilakukan berbagai upayasepertipelib atas pajaky angtidakhanya daripendapa tkantorpusat,tetapi jugadaridaera hdansekolah-seko lah.Untuk meningkatkan transparansi dankontrol,kini telah tersedia aplikasilaporankuanganne garaseluruhsistematis.
Dengan demikian,reforma si biro krasisecarasignifikantdilakukanolehpemerintahIndonesia melalui penyelenggar aanv aksinas icov id-1 9.Meski masih adamasalah-masa lah,yanglebihbanyaklagiyanglinghar usditindaki agarpros espembangu nanlebihlanjutmendapatkanhasilyangoptimal.