Model Menyimak Intensif dan Ekstensif dalam Proses Belajar
Menyimak merupakan bagian penting dalam proses belajar. Hubbard, Thornton, dan Whealer (1984) membagi menyimak ke dalam dua model: intensif dan ekstensif, yang memiliki karakteristik masing-masing. Menyimak intensif melibatkan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pemahaman tentang fakta, inferensi, dan personal, serta pertanyaan atas ringkasan (summary) dan kelogisan masalah. Di sisi lain, menyimak ekstensif melibatkan arahan cerita berikutnya dari sebuah teks dan temuan topik pembahasan di luar paragraf teks yang diperdengarkan. Brown (2004) memperluas ragam menyimak menjadi empat, yaitu menyimak intensif, yang melibatkan... [konten akan dilanjutkan sesuai dengan penjelasan Brown (2004)]. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang model-model menyimak intensif dan ekstensif dalam proses belajar. Kita akan mengeksplorasi karakteristik masing-masing model dan bagaimana mereka mempengaruhi pemahaman siswa dalam menyimak.