Proses Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa dalam Materi Unsur Senyawa Campuran dan Struktur Bumi
Pada pembelajaran materi unsur senyawa campuran dan struktur bumi, penting untuk memastikan bahwa semua peserta didik telah benar-benar memahami konsep-konsep yang diajarkan. Dengan dilakukannya pembelajaran sebanyak 7 kali dengan pendekatan yang berbeda setiap pertemuan, yaitu culturally responsive teaching, social emotional learning, web game baamboozle, teaching at the right level, dan penggunaan LKPD liveworksheet, siswa memiliki kesempatan untuk belajar melalui berbagai metode yang sesuai dengan gaya belajar mereka. Pendekatan culturally responsive teaching membantu siswa untuk terhubung dengan materi pelajaran melalui pengalaman dan latar belakang budaya mereka sendiri. Hal ini memungkinkan mereka untuk merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendekatan social emotional learning membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting dalam pemahaman konsep-konsep yang diajarkan. Penggunaan web game baamboozle memberikan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat belajar sambil bermain, sehingga meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, pendekatan teaching at the right level memastikan bahwa materi disampaikan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, sehingga mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih baik. Dengan berbagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa, seperti penggunaan LKPD liveworksheet dan web game baamboozle, siswa memiliki kesempatan untuk belajar secara aktif dan mandiri. Hal ini membantu mereka untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran unsur senyawa campuran dan struktur bumi. Dengan demikian, melalui berbagai pendekatan pembelajaran yang telah dilakukan, diharapkan semua peserta didik dapat benar-benar memahami konsep-konsep yang diajarkan dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.