Perbedaan Prestasi Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Diberi Penugasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi mahasiswa sebelum dan sesudah diberi penugasan. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penugasan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 5%. Dalam penelitian ini, kami mengambil sampel 15 mahasiswa secara acak. Prestasi mahasiswa sebelum dan sesudah diberi penugasan dicatat dan ditampilkan dalam tabel berikut: | No. | Prestasi Sebelum | Prestasi Sesudah | |-----|-----------------|------------------| | 1 | 75 | 80 | | 2 | 85 | 90 | | 3 | 70 | 75 | | 4 | 80 | 85 | | 5 | 90 | 95 | | 6 | 65 | 70 | | 7 | 75 | 80 | | 8 | 80 | 85 | | 9 | 85 | 90 | | 10 | 70 | 75 | | 11 | 75 | 80 | | 12 | 80 | 85 | | 13 | 85 | 90 | | 14 | 90 | 95 | | 15 | 65 | 70 | Dari data yang diperoleh, kami melakukan uji hipotesis menggunakan tingkat signifikansi 5%. Setelah melakukan perhitungan statistik yang sesuai, kami menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi mahasiswa sebelum dan sesudah diberi penugasan (p < 0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penugasan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. Hal ini menunjukkan pentingnya memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk meningkatkan prestasi mereka. Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dengan sampel yang terbatas, yaitu hanya 15 mahasiswa. Oleh karena itu, hasil penelitian ini mungkin tidak dapat secara langsung diterapkan pada populasi mahasiswa secara umum. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar untuk memperkuat temuan ini. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi mahasiswa sebelum dan sesudah diberi penugasan. Penugasan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini.