Perbedaan antara Taksonomi Bloom Lama dan Taksonomi Bloom Revisi
Taksonomi Bloom adalah kerangka kerja yang digunakan dalam pendidikan untuk menggambarkan tingkat pemahaman dan keterampilan siswa. Ada dua versi utama dari Taksonomi Bloom, yaitu Taksonomi Bloom Lama dan Taksonomi Bloom Revisi. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menggambarkan tingkat pemahaman siswa, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Taksonomi Bloom Lama, yang dikembangkan oleh Benjamin Bloom pada tahun 1956, terdiri dari enam tingkat pemahaman, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Pada taksonomi ini, pengetahuan adalah tingkat paling dasar, di mana siswa hanya perlu mengingat dan mengulangi informasi yang telah dipelajari. Pemahaman adalah tingkat di mana siswa dapat menjelaskan konsep atau ide dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Penerapan adalah tingkat di mana siswa dapat menggunakan pengetahuan dan pemahaman mereka untuk memecahkan masalah atau menerapkan konsep dalam situasi nyata. Analisis adalah tingkat di mana siswa dapat memecah informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memahami hubungan antara mereka. Sintesis adalah tingkat di mana siswa dapat menggabungkan informasi yang berbeda untuk membuat sesuatu yang baru. Evaluasi adalah tingkat di mana siswa dapat membuat penilaian atau mengambil keputusan berdasarkan informasi yang mereka terima. Taksonomi Bloom Revisi, yang dikembangkan oleh Anderson dan Krathwohl pada tahun 2001, juga terdiri dari enam tingkat pemahaman, namun dengan beberapa perubahan. Pada taksonomi ini, tingkat pengetahuan digantikan oleh tingkat mengingat dan memahami. Tingkat mengingat adalah tingkat di mana siswa hanya perlu mengingat informasi yang telah dipelajari. Tingkat memahami adalah tingkat di mana siswa dapat menjelaskan konsep atau ide dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Selain itu, taksonomi ini juga menambahkan dua tingkat baru, yaitu menerapkan dan menganalisis. Tingkat menerapkan adalah tingkat di mana siswa dapat menggunakan pengetahuan dan pemahaman mereka untuk memecahkan masalah atau menerapkan konsep dalam situasi nyata. Tingkat menganalisis adalah tingkat di mana siswa dapat memecah informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memahami hubungan antara mereka. Sintesis dan evaluasi tetap menjadi tingkat yang sama dengan Taksonomi Bloom Lama. Perbedaan utama antara Taksonomi Bloom Lama dan Taksonomi Bloom Revisi terletak pada tingkat pengetahuan dan penambahan tingkat menerapkan dan menganalisis pada Taksonomi Bloom Revisi. Dalam Taksonomi Bloom Lama, pengetahuan adalah tingkat paling dasar, sedangkan dalam Taksonomi Bloom Revisi, tingkat mengingat adalah tingkat paling dasar. Selain itu, dengan menambahkan tingkat menerapkan dan menganalisis, Taksonomi Bloom Revisi memberikan lebih banyak penekanan pada penerapan dan pemecahan masalah dalam pemahaman siswa. Dalam kesimpulan, Taksonomi Bloom Lama dan Taksonomi Bloom Revisi adalah dua versi yang berbeda dari kerangka kerja yang digunakan dalam pendidikan untuk menggambarkan tingkat pemahaman siswa. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menggambarkan tingkat pemahaman siswa, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya, terutama dalam tingkat pengetahuan dan penambahan tingkat menerapkan dan menganalisis pada Taksonomi Bloom Revisi.