Pengembangan Motorik Kasar di Lembaga PAUD/TK: Pengamatan dan Refleksi **

essays-star 4 (236 suara)

Pendahuluan: Pengembangan motorik kasar merupakan aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Kemampuan ini meliputi gerakan-gerakan besar tubuh seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Di lembaga PAUD/TK, kegiatan pengembangan motorik kasar menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Pengamatan: Lembaga PAUD/TK Tempat Mengajar (bagi yang sudah mengajar): * Kegiatan: * Lomba lari estafet: Anak-anak berlatih koordinasi dan kecepatan dalam berlari sambil membawa benda. * Senam: Gerakan-gerakan senam membantu meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan otot. * Bermain di taman: Anak-anak bebas bergerak dan bereksplorasi di taman bermain, seperti berayun, memanjat, dan meluncur. * Pengamatan: * Anak-anak terlihat antusias dan menikmati kegiatan pengembangan motorik kasar. * Kemampuan motorik kasar anak-anak berkembang secara bertahap, terlihat dari peningkatan kecepatan, kelenturan, dan koordinasi gerakan. * Guru memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak-anak selama kegiatan berlangsung. Lembaga PAUD/TK Terdekat (bagi yang belum mengajar): * Kegiatan: * Bermain bola: Anak-anak berlatih melempar dan menangkap bola, meningkatkan koordinasi mata dan tangan. * Menari: Gerakan-gerakan tari membantu meningkatkan kelenturan dan koordinasi tubuh. * Bermain peran: Anak-anak berlatih berkolaborasi dan bergerak sesuai peran yang dimainkan. * Pengamatan: * Anak-anak terlihat aktif dan kreatif dalam melakukan kegiatan pengembangan motorik kasar. * Guru memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan kemampuan motorik kasar mereka. * Lingkungan belajar yang mendukung, seperti taman bermain dan ruang kelas yang luas, membantu anak-anak bergerak bebas. Refleksi: Pengamatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan motorik kasar di lembaga PAUD/TK sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegiatan yang menyenangkan dan menantang membantu anak-anak belajar, berkembang, dan membangun kepercayaan diri. Kesimpulan:** Pengembangan motorik kasar merupakan aspek penting dalam pendidikan anak usia dini. Lembaga PAUD/TK memiliki peran penting dalam menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan kegiatan yang merangsang perkembangan motorik kasar anak-anak. Dengan demikian, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.