Kurikulum Pendidikan di Era Orde Baru: Sebuah Tinjauan Historis
Sejarah Awal Kurikulum Pendidikan di Era Orde Baru
Pada tahun 1966, Indonesia memasuki era Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Era ini ditandai dengan berbagai perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam sektor pendidikan. Pemerintah Orde Baru mengimplementasikan kurikulum baru yang dirancang untuk menciptakan generasi yang disiplin, patuh, dan loyal terhadap pemerintah. Kurikulum ini dikenal sebagai Kurikulum 1975.
Perubahan dalam Kurikulum 1975
Kurikulum 1975 menekankan pada pendidikan moral dan karakter, dengan tujuan untuk membentuk generasi yang memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang diinginkan oleh pemerintah. Mata pelajaran seperti Pendidikan Moral Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan diperkenalkan dalam kurikulum ini. Selain itu, kurikulum ini juga menekankan pada pendidikan teknik dan vokasional, dengan harapan untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan produktif.
Kritik terhadap Kurikulum 1975
Meskipun Kurikulum 1975 berhasil menciptakan generasi yang disiplin dan patuh, banyak kritik yang muncul terkait dengan kurikulum ini. Salah satu kritik utama adalah kurangnya penekanan pada pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis siswa. Kurikulum ini dianggap terlalu fokus pada pendidikan karakter dan moral, dan kurang memberikan ruang untuk siswa untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berpikir secara kritis dan kreatif.
Perubahan Kurikulum di Akhir Era Orde Baru
Menyikapi kritik tersebut, pemerintah Orde Baru melakukan beberapa perubahan dalam kurikulum pendidikan. Pada tahun 1984, Kurikulum 1984 diperkenalkan dengan penekanan yang lebih besar pada pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis siswa. Meskipun masih mempertahankan pendidikan moral dan karakter sebagai bagian penting dari kurikulum, Kurikulum 1984 juga mencakup mata pelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitas siswa.
Refleksi Kurikulum Pendidikan di Era Orde Baru
Melihat kembali sejarah kurikulum pendidikan di era Orde Baru, kita dapat melihat bagaimana pendidikan di Indonesia telah berkembang dan berubah seiring dengan perubahan politik dan sosial di negara ini. Kurikulum 1975 dan 1984 masing-masing mencerminkan nilai-nilai dan tujuan pendidikan yang dianggap penting oleh pemerintah pada waktu itu. Meskipun ada kritik terhadap kurikulum ini, mereka juga telah berkontribusi pada pembentukan generasi Indonesia dan membentuk arah pendidikan di negara ini.