Perubahan dalam Administrasi Sekolah: Menghadapi Tantangan Lingkungan Pendidikan yang Berubah
Buku ini ditujukan untuk mereka yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah, terutama kepala sekolah dan staf senior, orang tua, dan administrator yang berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan tentang sekolah. Buku ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi, tetapi juga memiliki nilai praktis bagi manajemen sekolah sehari-hari. Ada dua alasan utama mengapa buku ini menjadi kebutuhan. Pertama, administrasi sekolah saat ini semakin rumit karena beban politik yang tinggi. Penyelenggaraan sekolah menjadi pekerjaan yang berat yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih banyak dibandingkan dengan satu dekade yang lalu. Kedua, ada revolusi dalam teori tentang administrasi pendidikan sekitar tahun 1975, yang disebabkan oleh tekanan lingkungan yang sama yang meningkatkan ritme kehidupan para kepala sekolah. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang mengelola sekolah atau yang membuat kebijakan tentang sekolah untuk memperbarui konsep mereka tentang manajemen dan tidak mencoba mengoperasikan sekolah dengan konsep-konsep yang ketinggalan zaman. Dalam buku ini, kami menjelaskan alasan-alasan mengapa beberapa gagasan dikembangkan pada saat itu. Kami juga berusaha untuk menyajikan sebagian dari gagasan-gagasan tersebut dalam bentuk yang dapat digunakan oleh para kepala sekolah dan pembuat kebijakan. Kami akan menunjukkan perubahan-perubahan ini melalui beberapa cara dan menjelaskan pandangan kami dalam bab-bab berikutnya. Sebagai contoh, sejak awal dekade 1970-an, ketika begitu banyak tulisan tentang inovasi dan perubahan muncul, terdapat perkembangan yang signifikan dalam cara kita memandang proses dan strategi administrasi sekolah. Dengan demikian, buku ini akan memberikan wawasan dan panduan praktis bagi mereka yang terlibat dalam administrasi sekolah, membantu mereka menghadapi tantangan lingkungan pendidikan yang terus berubah.