Analisis Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP PGRI 4 Kota Malang
Pendidikan merupakan faktor penting dalam memajukan suatu bangsa. Dalam perkembangan peradaban manusia, pendidikan juga mengalami perkembangan dalam isi dan bentuknya. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis minat siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP PGRI 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data. Metode kuantitatif memberikan kelebihan dalam penelitian yang lebih sistematis dan objektif, sedangkan metode kualitatif memberikan kelebihan dalam penelitian yang lebih subjektif dan langsung berinteraksi dengan narasumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi siswa terhadap pembelajaran PKn, prestasi belajar siswa, dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran PKn bervariasi. Beberapa siswa kurang tertarik karena faktor-faktor seperti kurangnya minat membaca, materi yang kompleks, dan metode pengajaran yang kurang menarik. Banyak guru yang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah, diskusi, dan latihan dalam menyampaikan pelajaran, yang hanya terfokus pada guru dan kurang melibatkan siswa. Namun, ada upaya yang dapat dilakukan oleh guru PKn untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PKn. Salah satunya adalah dengan mengembangkan metode dan cara tertentu yang dapat membuat minat siswa tumbuh dengan kuat. Siswa perlu diberikan pemahaman tentang cara agar minat belajar dan mempelajari sesuatu dapat tumbuh dalam diri mereka sendiri. Dengan demikian, analisis minat siswa terhadap pembelajaran PKn di SMP PGRI 4 Kota Malang menjadi penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.