Pentingnya Ujian Nasional sebagai Syarat Kelulusan Sisw
Ujian Nasional (UN) masih menjadi topik perdebatan di kalangan masyarakat. Beberapa orang mendukung UN dengan alasan bahwa kualitas pendidikan Indonesia akan turun tanpa adanya ujian nasional. Mereka berpendapat bahwa UN mampu mendorong siswa agar belajar lebih tekun. Namun, ada juga pihak yang tidak setuju dengan UN. Mereka berargumen bahwa UN tidak diperlukan siswa karena kualitas pendidikan tidak hanya bergantung pada ujian nasional. Para pendukung UN berpendapat bahwa UN masih dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengevaluasi atau mendeteksi tingkat kompetensi kognitif siswa dalam beberapa mata pelajaran dalam skala nasional. Mereka berpendapat bahwa UN memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah menguasai materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Selain itu, UN juga dapat menjadi alat untuk membandingkan kualitas pendidikan antara sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Namun, para penentang UN berpendapat bahwa ujian nasional hanya mengukur sebagian kecil kompetensi siswa pada mata pelajaran tertentu dan tidak mengukur kompetensi siswa sepanjang semester. Mereka berargumen bahwa kualitas pendidikan tidak hanya dapat diukur melalui satu tes nasional. Selain itu, UN juga dapat menciptakan tekanan yang berlebihan bagi siswa, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka. Dalam menghadapi perdebatan ini, sebaiknya pemerintah membuat regulasi bahwa ujian nasional bukan satu-satunya syarat kelulusan siswa. Harus ada persyaratan lain yang ditambahkan seperti nilai harian, perilaku, dan prestasi siswa. Dengan demikian, siswa tidak hanya dinilai berdasarkan hasil tes nasional, tetapi juga berdasarkan perkembangan mereka sepanjang semester. Dalam kesimpulannya, UN masih dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengevaluasi tingkat kompetensi kognitif siswa dalam beberapa mata pelajaran dalam skala nasional. Namun, tidak adil jika hanya nilai ujian nasional yang menentukan kelulusan siswa. Oleh karena itu, pemerintah perlu mempertimbangkan untuk menambahkan persyaratan lain sebagai syarat kelulusan siswa, seperti nilai harian, perilaku, dan prestasi siswa. Dengan demikian, siswa dapat dinilai secara holistik dan adil.