Penggunaan Media Stik Es Krim untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian di Kelas II
Penelitian tindakan kelas (PTK) telah menunjukkan bahwa penggunaan media stik es krim dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran operasi perkalian di kelas II SDN 3 Pamalayan. Dalam penelitian ini, media konkret ini berhasil meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Hasil evaluasi siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah menggunakan media stik es krim. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan mampu memahami perkalian dengan lebih baik. Capaian pembelajaran operasi perkalian juga melebihi KKM yang berlaku. Dalam tahap siklus 1 penelitian, siswa mampu melakukan proses perkalian dengan baik. Namun, ketika siswa melakukannya secara individu, mereka masih mengalami kesulitan dalam mencapai tahapan C2 sampai C6. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada siswa yang belum sepenuhnya memahami konsep perkalian. Dengan menggunakan media stik es krim, siswa dapat lebih mudah memvisualisasikan dan memahami konsep perkalian. Media ini dapat membantu siswa mencapai tahapan C2 sampai C6 dengan lebih baik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga menjadi bukti efektivitas penggunaan media ini dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dengan demikian, penggunaan media stik es krim sebagai media konkret dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian di kelas II. Media ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik.