Mengidentifikasi Struktur Teks Prosedur Bagian Utama: Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi serangkaian langkah atau instruksi untuk melakukan sesuatu. Struktur teks prosedur umumnya terdiri dari tig
tujuan, langkah-langkah, dan kriteria evaluasi. Dalam aktivitas individu ini, kita akan belajar mengidentifikasi struktur teks prosedur dan menerapkannya dalam berbagai media. 1. Tujuan: Bagian ini menjelaskan tujuan atau tujuan dari teks prosedur. Biasanya, tujuan ini dinyatakan dalam kalimat pertama atau kedua teks prosedur. Contohnya, "Cara membuat kue kering sederhana" atau "Langkah-langkah memasak nasi goreng". 2. Langkah-langkah: Bagian ini berisi serangkaian langkah atau instruksi yang harus diikuti untuk mencapai tujuan. Langkah-langkah ini biasanya disusun secara kronologis dan menggunakan kata kerja perintah seperti "campur", "aduk", "masak", dan sebagainya. 3. Kriteria Evaluasi: Bagian ini menjelaskan kriteria atau standar yang harus dipenuhi untuk menentukan apakah langkah-langkah telah berhasil dilakukan. Kriteria evaluasi ini biasanya dinyatakan pada akhir teks prosedur. Selain itu, teks prosedur dapat disajikan dalam berbagai media, seperti media cetak, media sosial, atau presentasi. Penting untuk memilih sapaan dan kosakata yang sesuai dengan audiens target agar mereka dapat memahami dan menikmati teks prosedur tersebut. Dalam asesmen formatif, siswa akan diminta untuk menyimak teks prosedur yang dibuat oleh teman mereka dan memberikan penilaian berdasarkan tabel penilaian yang telah disediakan. Siswa juga akan diminta untuk memberikan saran perbaikan pada presentasi teman mereka. Dengan mengikuti struktur teks prosedur yang telah diidentifikasi, siswa dapat menyusun teks prosedur yang jelas, sistematis, dan mudah dipahami. Selain itu, siswa juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui aktivitas ini.