Efektivitas Metode Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Handphone, Komik, Poster, dan Flashcard: Analisis Data Penelitian
Metode pembelajaran Bahasa Inggris melalui Handphone, Komik, Poster, dan Flashcard telah menjadi fokus penelitian Ridho'i, seorang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode mana yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa di MA Al-Madani. Ridho'i mengumpulkan data nilai Bahasa Inggris dari keempat metode perlakuan yang diberikan kepada siswa. Data tersebut terlampir dalam tabel berikut: NO | HANDPHONE | KOMIK | POSTER | FLASHCARD ---|-----------|-------|--------|---------- 1 | 75 | 78 | 64 | 80 2 | 67 | 71 | 68 | 89 3 | 71 | 73 | 70 | 90 4 | 78 | 72 | 61 | 87 5 | 75 | 76 | 69 | 88 6 | 77 | 79 | 63 | 86 7 | 74 | 80 | 62 | 84 8 | 80 | 75 | 66 | 95 9 | 66 | 74 | 65 | 96 10 | 72 | 77 | 69 | 97 11 | 78 | 70 | 60 | 93 12 | 73 | 80 | 55 | 92 13 | 61 | 78 | 58 | 91 14 | 81 | 76 | 59 | 90 15 | 79 | 75 | 66 | 88 16 | 69 | 73 | 65 | 87 17 | 76 | 78 | 64 | 94 18 | 77 | 82 | 67 | 95 19 | 78 | 85 | 58 | 88 20 | 70 | 84 | 57 | 79 Dari data tersebut, Ridho'i ingin membuktikan efektivitas dari keempat metode pembelajaran Bahasa Inggris tersebut dan merumuskan hipotesis statistik yang relevan. Selanjutnya, Ridho'i akan menggunakan uji statistik yang tepat untuk membuktikan hipotesis tersebut. Setelah melakukan uji efektivitas, Ridho'i akan menentukan metode mana yang paling efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Alasan-alasan yang mendukung pilihan tersebut akan dijelaskan secara rinci. Konten ini akan membahas langkah-langkah yang dilakukan oleh Ridho'i dalam penelitiannya, hasil dari uji statistik yang digunakan, dan kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini.