Analisis Tingkat Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis melalui Thinking Aloud Pair Problem (TAPPS)
Pendahuluan:
Dalam dunia pendidikan, pemecahan masalah matematis merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Pemecahan masalah matematis tidak hanya melibatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep tersebut dalam situasi nyata. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pemecahan masalah matematis adalah tingkat self-efficacy mereka. Self-efficacy adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya sendiri untuk mengatasi tugas-tugas yang dihadapi. Dalam penelitian ini, kami akan menganalisis tingkat self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematis melalui metode Thinking Aloud Pair Problem (TAPPS).
Metode:
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah TAPPS. TAPPS adalah metode pembelajaran yang melibatkan pasangan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Dalam metode ini, siswa diminta untuk berpikir keras dan mengungkapkan pemikiran mereka secara lisan saat mereka mencoba memecahkan masalah. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang proses pemecahan masalah dan meningkatkan tingkat self-efficacy mereka.
Hasil:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode TAPPS dapat meningkatkan tingkat self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematis. Siswa yang terlibat dalam metode TAPPS menunjukkan peningkatan dalam keyakinan mereka terhadap kemampuan mereka sendiri untuk mengatasi tugas-tugas pemecahan masalah. Selain itu, siswa juga melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dan lebih siap untuk menghadapi tantangan matematis setelah terlibat dalam metode TAPPS.
Diskusi:
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode TAPPS dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan tingkat self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematis. Dengan melibatkan siswa dalam proses pemecahan masalah dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berpikir keras dan mengungkapkan pemikiran mereka, metode TAPPS membantu siswa merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan matematis. Oleh karena itu, disarankan agar metode TAPPS diimplementasikan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan tingkat self-efficacy siswa.
Kesimpulan:
Dalam penelitian ini, kami telah menganalisis tingkat self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematis melalui metode TAPPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode TAPPS dapat meningkatkan tingkat self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematis. Metode TAPPS membantu siswa merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan matematis. Oleh karena itu, disarankan agar metode TAPPS diimplementasikan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan tingkat self-efficacy siswa.
Referensi:
[Daftar referensi yang digunakan dalam penelitian ini]