Struktur Sosial di Sekolah: Sebuah Kajian tentang Dinamika Hubungan Antar Siswa **
Pendahuluan: Struktur sosial di sekolah merupakan sistem hubungan antar individu yang membentuk lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika hubungan antar siswa dalam konteks struktur sosial sekolah, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi interaksi dan perilaku mereka. Tinjauan Literatur: Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa struktur sosial sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti: * Faktor demografis: Usia, jenis kelamin, latar belakang sosial ekonomi, dan etnisitas. * Faktor psikologis: Kepribadian, nilai, dan sikap. * Faktor sosial: Popularitas, kelompok pertemanan, dan status sosial. * Faktor lingkungan: Struktur kelas, kebijakan sekolah, dan budaya sekolah. Metodologi: Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data akan dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen sekolah. Hasil yang Diharapkan: Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap: * Struktur sosial yang dominan di sekolah: Identifikasi kelompok-kelompok sosial dan hierarki yang ada. * Faktor-faktor yang memengaruhi interaksi antar siswa: Analisis pengaruh faktor demografis, psikologis, sosial, dan lingkungan. * Dampak struktur sosial terhadap perilaku siswa: Pengaruh struktur sosial terhadap prestasi belajar, perilaku prososial, dan bullying. Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur sosial di sekolah dan dampaknya terhadap kehidupan siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi semua siswa. Implikasi: Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk: * Meningkatkan kesadaran guru dan staf sekolah tentang struktur sosial di sekolah. * Mengembangkan program dan intervensi yang lebih efektif untuk mengatasi masalah sosial di sekolah. * Membangun lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung bagi semua siswa. Catatan:** Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman tentang struktur sosial di sekolah dan dampaknya terhadap kehidupan siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan produktif.