Kualitas Tulisan Ilmiah Siswa SMAN 3 Tasikmalaya pada Mading Sekolah

essays-star 4 (272 suara)

Pendahuluan Latar Belakang Masalah Tulisan ilmiah memiliki karakteristik dan ragam ilmiah yang khas. Bahasa tulis ilmiah menggunakan ragam bahasa tersendiri, yaitu ragam tulis ilmiah. Ragam bahasa ilmiah ini harus disusun secara jelas, teratur, dan tepat makna. Dalam konteks mading ilmiah, penggunaan ragam bahasa ilmiah yang tepat sangat penting agar dapat mengomunikasikan pikiran, gagasan, dan pengertian secara lengkap, ringkas, dan tepat makna. Argumen Siswa SMAN 3 Tasikmalaya memiliki potensi yang besar dalam menulis tulisan ilmiah. Mereka telah belajar tentang ragam bahasa ilmiah dan memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya menggunakan ragam bahasa ini dalam tulisan ilmiah. Namun, masih ada kekurangan dalam kualitas tulisan ilmiah mereka pada mading sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tulisan ilmiah siswa adalah kurangnya pemahaman tentang struktur dan format tulisan ilmiah. Siswa perlu memahami bagaimana menyusun pendahuluan, metodologi, hasil, dan kesimpulan dalam tulisan ilmiah mereka. Selain itu, mereka juga perlu belajar tentang cara mengutip sumber dengan benar dan menyusun daftar pustaka yang lengkap. Selain itu, kurangnya penelitian dan referensi yang digunakan dalam tulisan ilmiah juga mempengaruhi kualitas tulisan siswa. Siswa perlu belajar tentang pentingnya melakukan penelitian yang mendalam dan menggunakan referensi yang relevan dalam tulisan ilmiah mereka. Dengan melakukan penelitian yang baik, siswa dapat menghasilkan tulisan ilmiah yang lebih kredibel dan berkualitas. Selain itu, kurangnya pemahaman tentang bahasa ilmiah juga menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas tulisan ilmiah siswa. Siswa perlu belajar tentang kosakata dan frasa yang umum digunakan dalam tulisan ilmiah, serta cara menggunakan bahasa ilmiah dengan benar dan tepat. Dengan pemahaman yang baik tentang bahasa ilmiah, siswa dapat menghasilkan tulisan ilmiah yang lebih terstruktur dan mudah dipahami. Kesimpulan Kualitas tulisan ilmiah siswa SMAN 3 Tasikmalaya pada mading sekolah masih perlu ditingkatkan. Siswa perlu belajar tentang struktur dan format tulisan ilmiah, melakukan penelitian yang mendalam, menggunakan referensi yang relevan, dan memahami bahasa ilmiah dengan baik. Dengan meningkatkan kualitas tulisan ilmiah mereka, siswa dapat mengkomunikasikan pikiran, gagasan, dan pengertian secara lebih lengkap, ringkas, dan tepat makna.