Pentingnya Mengembangkan Aspek Akhlak dalam Pendidikan IPS di Sekolah Dasar
Pendidikan IPS di sekolah dasar memiliki peran penting dalam membina dan mengembangkan kemampuan mental-intelektual peserta didik agar menjadi warga negara yang berketerampilan, berkepedulian sosial, dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, guru IPS di SD juga perlu memiliki wawasan tujuan dan arah pembelajaran IPS yang harus dipertimbangkan saat mengembangkan materi pembelajaran. Ada lima kriteria yang harus menjadi kemampuan terintegrasi dan terinternalisasi dalam diri guru IPS SD ketika mengembangkan materi pembelajaran. Pertama, pembelajaran IPS di SD harus mengembangkan kemampuan memahami berbagai fenomena sosial seperti pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap mengenai kebudayaan, ruang dan waktu, interaksi manusia dengan lingkungan, serta produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam konteks kebhinekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. Kemampuan ini berguna dalam proses pengambilan keputusan dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat yang demokratis. Kedua, pembelajaran IPS di SD harus mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, yaitu keterampilan menangkap berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan siswa dan mengemas gagasan baik berupa konsep, keterampilan, nilai, prinsip norma, maupun sikap sosial. Guru juga harus menjelaskan fenomena interaksi perkembangan masyarakat dan saling ketergantungan global. Ketiga, pembelajaran IPS di SD harus mengembangkan kemampuan dasar dalam memecahkan masalah sosial. Guru harus melatih para siswa dalam proses pembelajaran di kelas untuk dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan peta atlas, bola dunia, data dan informasi, serta media massa guna mengambil keputusan sosial-kultural dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan yang harus diajarkan kepada siswa meliputi kemampuan merasakan adanya masalah, mengidentifikasi masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi alternatif pemecahan masalah, dan memilih alternatif yang paling layak. Keempat, pembelajaran IPS di SD harus mengembangkan kemampuan membiasakan diri peka, tanggap, adaptif, tetapi kritis terhadap lingkungan sekitar. Para siswa harus diajarkan untuk memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan. Selain itu, siswa juga harus dibiasakan dalam berpikir kritis, yaitu mampu menganalisis informasi secara objektif, mengidentifikasi argumen yang valid, dan membuat keputusan yang rasional. Dalam mengembangkan aspek akhlak dalam pendidikan IPS di sekolah dasar, penting bagi guru untuk memperhatikan lima kriteria tersebut. Dengan demikian, peserta didik akan dapat menghayati dan menyadari kehidupan yang penuh dengan masalah, tantangan, hambatan, dan persaingan dengan cara yang positif dan berakhlak.