Menjadi Jembatan Menuju Masa Depan: Pengalaman Bermakna Seorang Guru di PSE **
Sebagai seorang guru di Program Studi Ekonomi (PSE), saya memiliki kesempatan unik untuk menjadi jembatan bagi siswa dalam memahami dunia ekonomi yang kompleks dan dinamis. Pengalaman ini bukan sekadar mengajar materi, tetapi juga tentang membimbing mereka untuk menemukan potensi diri dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan. Salah satu pengalaman bermakna yang saya alami adalah saat membimbing siswa dalam proyek penelitian ekonomi. Mereka dihadapkan pada tantangan untuk menganalisis data, merumuskan hipotesis, dan menyusun laporan penelitian. Awalnya, mereka tampak ragu dan takut menghadapi tantangan ini. Namun, dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, mereka mampu mengatasi kesulitan dan menghasilkan karya yang luar biasa. Melihat mereka berkembang dan menemukan rasa percaya diri dalam diri mereka sendiri adalah hal yang paling memuaskan. Mereka belajar bukan hanya tentang teori ekonomi, tetapi juga tentang proses berpikir kritis, kerja sama tim, dan presentasi. Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa peran seorang guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi, tetapi juga tentang memotivasi, membimbing, dan mendorong siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka. Pengalaman ini juga mengingatkan saya bahwa setiap siswa memiliki potensi yang unik. Tugas saya sebagai guru adalah membantu mereka menemukan dan mengembangkan potensi tersebut. Dengan memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang, saya berharap dapat membantu mereka menjadi individu yang sukses dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Wawasan:** Menjadi guru di PSE adalah sebuah panggilan untuk membantu siswa memahami dunia ekonomi dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang penuh tantangan. Pengalaman bermakna yang saya alami menunjukkan bahwa peran seorang guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi, tetapi juga tentang membimbing, memotivasi, dan mendorong siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.