Pengaruh Pelatihan Intensif terhadap Peningkatan Ketepatan Bacaan Iqlab pada Anak Usia Dini
Anak usia dini berada dalam tahap emas perkembangan bahasa, termasuk kemampuan membaca. Salah satu aspek penting dalam membaca bahasa Arab adalah penguasaan bacaan tajwid, termasuk bacaan iqlab. Iqlab merupakan salah satu hukum bacaan nun mati atau tanwin yang seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan intensif terhadap peningkatan ketepatan bacaan iqlab pada anak usia dini.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak usia dini yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan membaca iqlab yang diujicobakan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan intensif.
Pelatihan Intensif Bacaan Iqlab
Pelatihan intensif bacaan iqlab diberikan selama 2 minggu dengan frekuensi pertemuan 5 kali seminggu, setiap pertemuan berlangsung selama 60 menit. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi metode demonstrasi, drill, dan permainan edukatif yang dirancang khusus untuk meningkatkan pemahaman dan ketepatan anak dalam membaca iqlab.
Hasil dan Pembahasan
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada ketepatan bacaan iqlab anak setelah diberikan pelatihan intensif. Skor rata-rata pretest kemampuan membaca iqlab adalah 55, sedangkan skor rata-rata posttest meningkat menjadi 80. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan intensif memberikan dampak positif terhadap peningkatan ketepatan bacaan iqlab pada anak usia dini.
Peningkatan ketepatan bacaan iqlab ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: (1) Intensitas latihan yang diberikan, (2) Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik, (3) Motivasi anak yang tinggi untuk belajar.
Simpulan
Pelatihan intensif terbukti efektif dalam meningkatkan ketepatan bacaan iqlab pada anak usia dini. Peningkatan ini menunjukkan bahwa intervensi yang terstruktur dan intensif dapat mengoptimalkan kemampuan membaca anak, khususnya dalam penguasaan bacaan tajwid.