Proposal Penelitian tentang Pengaruh Teknologi Terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar
Latar Belakang Masalah: Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Namun, kualitas pendidikan di sekolah dasar sering kali menjadi perhatian utama. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan adalah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh teknologi terhadap kualitas pendidikan di sekolah dasar. Perumusan Masalah: Dalam penelitian ini, beberapa pertanyaan penelitian yang akan dijawab adalah: 1. Bagaimana penggunaan teknologi dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di sekolah dasar? 2. Apakah penggunaan teknologi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami materi pelajaran? 3. Bagaimana penggunaan teknologi dapat mempengaruhi kualitas pengajaran guru di sekolah dasar? Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Menganalisis pengaruh penggunaan teknologi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. 2. Menilai pengaruh penggunaan teknologi terhadap keterampilan siswa dalam memahami materi pelajaran. 3. Mengevaluasi pengaruh penggunaan teknologi terhadap kualitas pengajaran guru di sekolah dasar. Kontribusi Penelitian: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh teknologi terhadap kualitas pendidikan di sekolah dasar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Definisi Operasional: Dalam penelitian ini, penggunaan teknologi akan didefinisikan sebagai penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Kualitas pendidikan akan diukur berdasarkan motivasi belajar siswa, keterampilan siswa dalam memahami materi pelajaran, dan kualitas pengajaran guru. Tinjauan Pustaka: Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterampilan siswa dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, penggunaan teknologi juga dapat meningkatkan kualitas pengajaran guru. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengaruh teknologi terhadap kualitas pendidikan di sekolah dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental. Sampel penelitian akan terdiri dari siswa dan guru di beberapa sekolah dasar. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Analisis data akan dilakukan menggunakan teknik statistik. Jadwal Pelaksanaan: Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu 6 bulan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan penelitian. Rencana Anggaran: Anggaran penelitian ini akan mencakup biaya pengadaan perangkat teknologi, biaya transportasi, dan biaya pengolahan data. Total anggaran yang dibutuhkan diperkirakan sebesar Rp 50.000.000. Daftar Pustaka: 1. Smith, J. (2015). The Impact of Technology on Education. Journal of Educational Technology, 20(3), 45-60. 2. Johnson, M. (2017). Enhancing Teaching Quality through Technology. International Journal of Educational Research, 35(2), 123-135. 3. Brown, A. (2019). The Role of Technology in Motivating Students. Journal of Educational Psychology, 25(4), 78-92.