Analisis Proses Pembelajaran tentang Sistem Pencernaan Manusia di Kelas V SD

essays-star 4 (217 suara)

Dalam proses pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia di kelas V SD yang dipimpin oleh Bu Manda, terdapat empat kegiatan penting yang dapat diidentifikasi sebagai faktor penentu dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Pertama, kegiatan positif yang dilakukan adalah pemaparan apersepsi mengenai sistim pencernaan pada manusia dan hewan sebelum memulai materi pelajaran. Hal ini membantu siswa untuk memiliki pemahaman awal sebelum masuk ke materi inti, sehingga meningkatkan minat belajar mereka.

Kedua, penggunaan media berupa gambar sistem pencernaan manusia dan model torso anatomi manusia juga termasuk kegiatan positif. Dengan visualisasi tersebut, siswa dapat lebih mudah memahami letak dan fungsi organ-organ pencernaan secara konkret.

Namun demikian, terdapat dua kegiatan negatif selama proses pembelajaran yang perlu diperhatikan. Pertama adalah hasil evaluasi akhir yang menunjukkan bahwa hanya 8 dari 25 siswa yang mencapai nilai 75 atau lebih tinggi. Hal ini menandakan adanya kesenjangan antara target capaian hasil belajar dengan realisasi di lapangan.

Kegiatan kedua yang menjadi catatan negatif adalah kurangnya interaksi aktif selama sesi tanya jawab maupun diskusi kelompok setelah pemberian LKS sebagai latihan. Interaksi sosial merupakan salah satu elemen penting dalam proses belajar-mengajar untuk meningkatkan pemahaman melalui kolaborasi antar siswa.

Dengan menganalisis empat kegiatan tersebut secara komprehensif, Bu Manda dapat melakukan refleksi mendalam terhadap metode pengajaran serta strategi evaluasi agar capaian hasil belajar bisa optimal sesuai dengan harapan.