Peran Nilai dan Sikap dalam Kurikulum IPS SD KTSP 2006 di Kelas Tinggi

essays-star 4 (171 suara)

Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) menekankan pentingnya pengembangan nilai dan sikap positif pada siswa. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, keterkaitan antara nilai dan sikap sangat ditekankan dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. Sebagai contoh, ketika siswa mempelajari tentang sejarah bangsa, mereka tidak hanya belajar fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengembangkan nilai-nilai seperti nasionalisme, keberagaman, dan rasa memiliki terhadap budaya bangsa. Dalam kurikulum IPS SD KTSP 2006, nilai-nilai seperti gotong royong, toleransi, dan keadilan diintegrasikan ke dalam pembelajaran materi sejarah, geografi, dan sosial. Misalnya, ketika siswa mempelajari tentang perbedaan budaya di berbagai daerah, mereka diajak untuk menghargai keberagaman budaya dan memahami pentingnya toleransi antar etnis dan agama. Selain itu, pembelajaran IPS juga mendorong siswa untuk mengembangkan sikap kritis dan analitis terhadap informasi yang mereka terima. Mereka diajarkan untuk memahami berbagai sudut pandang dalam suatu peristiwa sejarah atau isu sosial, sehingga dapat membentuk sikap yang rasional dan bertanggung jawab. Dengan demikian, keterkaitan antara nilai dan sikap dalam kurikulum IPS SD KTSP 2006 di kelas tinggi sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang berintegritas, peduli terhadap lingkungan sekitar, dan siap berkontribusi dalam masyarakat.