Hubungan Antara Pembelajaran Diri Teratur dan Skor Berbicara: Analisis Korelasi SPSS ##

essays-star 4 (252 suara)

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara pembelajaran diri teratur dan skor berbicara. Pembelajaran diri teratur, yang melibatkan strategi dan teknik yang digunakan siswa untuk mengelola pembelajaran mereka sendiri, dianggap sebagai faktor penting dalam keberhasilan akademik. Skor berbicara, di sisi lain, merupakan indikator kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara lisan. Metode: Analisis korelasi menggunakan SPSS dilakukan untuk mengevaluasi hubungan antara kedua variabel. Data dikumpulkan dari 52 peserta. Hasil: Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang lemah antara pembelajaran diri teratur dan skor berbicara (r = 0.193). Namun, korelasi ini tidak signifikan secara statistik (p = 0.171). Diskusi: Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat kecenderungan positif, hubungan antara pembelajaran diri teratur dan skor berbicara tidak cukup kuat untuk dianggap signifikan secara statistik. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ukuran sampel yang relatif kecil atau pengaruh variabel lain yang tidak dipertimbangkan dalam analisis. Kesimpulan: Penelitian ini tidak menemukan bukti yang cukup untuk mendukung hubungan yang signifikan antara pembelajaran diri teratur dan skor berbicara. Penelitian lebih lanjut dengan ukuran sampel yang lebih besar dan variabel tambahan diperlukan untuk memahami hubungan ini secara lebih mendalam. Implikasi: Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting bagi pendidik dan siswa. Meskipun pembelajaran diri teratur mungkin tidak secara langsung memengaruhi skor berbicara, penting untuk mendorong siswa untuk mengembangkan strategi pembelajaran diri yang efektif. Hal ini dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan belajar secara keseluruhan, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja akademik, termasuk skor berbicara. Refleksi: Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini hanya memberikan gambaran singkat tentang hubungan antara pembelajaran diri teratur dan skor berbicara. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan ini secara lebih komprehensif.