Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Metode Sociodrama pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bungi
Metode Sociodrama adalah salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah penerapan Metode Sociodrama dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas V, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi setelah menggunakan Metode Sociodrama baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus pertama, siswa yang mendapatkan skor \( \geq 65 \) mengalami peningkatan sebesar 54,16\% dari kondisi awal \( +1,66\% \) menjadi 54,16\%. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan sebesar 54,16\%. Rata-rata nilai pada siklus pertama meningkat dari 54,5 menjadi 62,95, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 72,75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Sociodrama dapat efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi. Metode ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Metode Sociodrama