Evaluasi Proyek Project Based Learning di Kelas XI

essays-star 4 (268 suara)

Evaluasi proyek Project Based Learning di kelas XI dilakukan oleh tim yang terdiri dari fasilitator, pengamat peserta didik, dan tim penilaian. Evaluasi ini dilakukan pada akhir semester dan melibatkan tiga penilaian utama, yaitu kognitif, kebhinekaan global, dan kreatif. Dalam penilaian kognitif, tim evaluasi akan menilai sejauh mana peserta didik telah memahami materi yang diajarkan dalam proyek. Hal ini melibatkan penilaian terhadap hasil karya peserta didik, seperti laporan proyek, presentasi, atau produk yang dihasilkan. Selain itu, kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari juga menjadi faktor penilaian dalam aspek kognitif. Selanjutnya, penilaian kebhinekaan global akan mengevaluasi sejauh mana peserta didik dapat menghargai dan memahami keberagaman budaya dan pandangan dalam proyek. Peserta didik akan dinilai berdasarkan partisipasi aktif dalam proyek, termasuk kolaborasi dengan anggota tim, penghargaan terhadap perspektif yang berbeda, dan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan multikultural. Aspek kreatif juga menjadi faktor penilaian dalam proyek Project Based Learning di kelas XI. Peserta didik akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis, menghasilkan ide-ide baru, dan menghadirkan solusi kreatif dalam proyek. Inovasi, keaslian, dan keberanian dalam mengambil risiko juga akan menjadi pertimbangan dalam penilaian aspek kreatif. Dengan melakukan evaluasi proyek Project Based Learning, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi yang diajarkan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan menghargai keberagaman budaya. Evaluasi ini juga memberikan umpan balik yang berharga bagi peserta didik dan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas XI.