Mengapa Siswa Menyontek: Faktor Tekanan Eksternal dan Internal

essays-star 4 (298 suara)

Siswa yang menyontek sering kali dianggap sebagai siswa yang tidak jujur. Namun, apakah karakter siswa yang tidak jujur benar-benar menjadi penyebab utama dari kebiasaan menyontek ini? Dalam artikel ini, kita akan melihat bahwa faktor tekanan eksternal dan internallah yang sebenarnya menjadi pemicu dari perilaku menyontek ini. Tekanan eksternal adalah salah satu faktor yang mempengaruhi siswa untuk menyontek. Dalam dunia pendidikan yang kompetitif saat ini, siswa sering kali merasa terbebani oleh harapan yang tinggi dari orang tua, guru, dan masyarakat. Mereka merasa perlu untuk mencapai hasil yang sempurna dan mendapatkan nilai tinggi dalam ujian. Tekanan ini dapat membuat siswa merasa terjebak dan tidak mampu menghadapi tuntutan tersebut. Sebagai akibatnya, mereka mencari cara pintas seperti menyontek untuk mencapai hasil yang diharapkan. Selain tekanan eksternal, tekanan internal juga memainkan peran penting dalam kebiasaan menyontek siswa. Siswa sering kali merasa tidak percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri. Mereka merasa bahwa mereka tidak mampu menghadapi tugas atau ujian dengan baik, dan merasa perlu untuk menyontek agar bisa mendapatkan nilai yang baik. Rasa tidak percaya diri ini bisa berasal dari berbagai faktor seperti kurangnya pemahaman materi, kecemasan berlebihan, atau perasaan tidak mampu bersaing dengan teman-teman mereka. Tekanan internal ini mendorong siswa untuk mencari cara pintas seperti menyontek. Namun, penting untuk diingat bahwa kebiasaan menyontek bukanlah solusi jangka panjang yang efektif. Meskipun mungkin memberikan hasil yang instan, menyontek tidak membantu siswa untuk benar-benar memahami materi dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata. Selain itu, menyontek juga melanggar prinsip kejujuran dan integritas yang penting dalam pendidikan. Untuk mengatasi kebiasaan menyontek, penting bagi kita sebagai pendidik dan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan mengurangi tekanan yang dirasakan oleh siswa. Kita harus memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa dalam menghadapi tugas dan ujian. Selain itu, kita juga perlu mengajarkan siswa tentang pentingnya kejujuran dan integritas dalam pendidikan. Dalam kesimpulan, kebiasaan menyontek pada siswa bukanlah disebabkan oleh karakter siswa yang tidak jujur, tetapi lebih disebabkan oleh faktor tekanan eksternal dan internal. Penting bagi kita untuk memahami dan mengatasi faktor-faktor ini agar siswa dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata.