Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa PGSD

essays-star 4 (296 suara)

Pendahuluan: Pendidikan Matematika di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, masih ada tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami dan memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa PGSD. Metode: Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian akan terdiri dari dua kelas PGSD di sebuah sekolah dasar di Jakarta. Satu kelas akan menjadi kelompok eksperimen yang akan menerima pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas lainnya akan menjadi kelompok kontrol yang akan menerima pembelajaran konvensional. Data akan dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum dan setelah intervensi pembelajaran. Selain itu, juga akan dilakukan observasi terhadap proses pembelajaran dan wawancara dengan siswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman mereka dalam pembelajaran berbasis masalah. Hasil yang Diharapkan: Diharapkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah akan mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika mereka. Selain itu, diharapkan juga adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika. Implikasi: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang efektif untuk siswa PGSD. Metode pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi alternatif yang menarik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan kepada guru dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, kami akan menginvestigasi penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa PGSD. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang efektif dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.