Pentingnya Pembelajaran Pengukuran melalui Kegiatan Nyadran Agung di Kulon Progo
Dalam acara Nyadran Agung di Taman Budaya Kulon Progo, guru memperlihatkan gambar gunungan yang terdiri dari tumpeng nasi putih dan kue apem. Kegiatan ini melibatkan sejumlah pejabat Pemkab Kulon Progo, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sesepuh perantau Kulon Progo, dan masyarakat sekitar. Gambar tersebut digunakan oleh guru sebagai tugas untuk siswa, yaitu mengestimasi berapa luasan plastik minimal yang digunakan untuk menutup kedua gunungan tersebut. Tujuan pembelajaran yang paling tepat untuk menumbuhkan rasa pentingnya gotong-royong adalah melalui aktivitas kooperatif. Dalam aktivitas ini, siswa dapat mengestimasi luas permukaan plastik jika diketahui ukuran alas dan tinggi tumpeng dengan tepat. Dengan bekerja secara kolaboratif, siswa dapat mengestimasi luasan plastik minimal yang digunakan untuk menutupi permukaan kerucut, dengan argumen yang tepat. Hal ini akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan permukaan kerucut, dengan perhitungan yang tepat. Melalui pembelajaran penemuan terbimbing, siswa juga dapat bergotong-royong dalam menemukan luas plastik yang digunakan untuk menutupi tumpeng yang tingginya sama. Dengan mengerjakan LKPD, siswa dapat menemukan jumlah luas permukaan kedua tumpeng dengan benar. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami konsep pengukuran dan meningkatkan keterampilan mereka dalam mengestimasi luas permukaan. Dalam kegiatan Nyadran Agung ini, siswa akan belajar tentang pentingnya gotong-royong dan kerjasama dalam menyelesaikan masalah. Mereka akan melihat bagaimana pengukuran dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam menentukan luas plastik yang digunakan untuk menutupi gunungan. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis kepada siswa, tetapi juga mengajarkan mereka nilai-nilai sosial yang penting. Dalam kesimpulan, pembelajaran pengukuran melalui kegiatan Nyadran Agung di Kulon Progo sangat penting untuk menumbuhkan rasa pentingnya gotong-royong dan kerjasama dalam menyelesaikan masalah. Melalui aktivitas kooperatif dan pembelajaran penemuan terbimbing, siswa dapat mengembangkan keterampilan pengukuran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mereka akan menjadi individu yang lebih terampil dan berkontribusi dalam masyarakat.