Mengapa Guru Menggunakan Teknik Portofolio untuk Penilaian di Sentra Persiapan?

essays-star 4 (284 suara)

Pendahuluan:

Teknik portofolio adalah alat penilaian yang kuat yang dapat digunakan oleh guru di sentra persiapan untuk mengevaluasi kemajuan dan perkembangan anak. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi mengapa guru memilih teknik portofolio dan memberikan contoh portofolio anak.

Bagian 1: Mengapa Guru Menggunakan Teknik Portofolio?

Guru menghargai teknik portofolio karena beberapa alasan. Pertama, portofolio memungkinkan guru untuk melacak kemajuan dan perkembangan anak dari waktu ke waktu. Ini memungkinkan guru untuk melihat bagaimana anak mengatasi tantangan dan menunjukkan kemajuan dalam area tertentu. Selain itu, portofolio memungkinkan guru untuk melihat bagaimana anak berpartisipasi dalam kegiatan sentra dan bagaimana mereka berinteraksi dengan teman sebaya dan staf sentra.

Bagian 2: Contoh Portofolio Anak

Salah satu contoh portofolio anak adalah portofolio seni. Portofolio ini dapat mencakup gambar, sketsa, dan karya seni lainnya yang dibuat oleh anak selama waktu mereka di sentra persiapan. Portofolio ini juga dapat mencakup refleksi anak tentang proses kreatif dan bagaimana mereka mengatasi tantangan dalam membuat karya seni. Portofolio ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kemajuan dan perkembangan anak dalam seni dan juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi area di mana anak mungkin memerlukan dukungan tambahan.

Bagian 3: Manfaat Menggunakan Teknik Portofolio

Menggunakan teknik portofolio memiliki beberapa manfaat bagi guru dan anak. Pertama, portofolio memungkinkan guru untuk melacak kemajuan dan perkembangan anak dari waktu ke waktu, yang dapat membantu mereka mengidentifikasi area di mana anak mungkin memerlukan dukungan tambahan. Kedua, portofolio memungkinkan guru untuk melihat bagaimana anak berpartisipasi dalam kegiatan sentra dan bagaimana mereka berinteraksi dengan teman sebaya dan staf sentra. Ketiga, portofolio memungkinkan anak untuk merayakan pencapaian mereka dan melihat kemajuan mereka dari waktu ke waktu.

Kesimpulan:

Teknik portofolio adalah alat penilaian yang kuat yang dapat digunakan oleh guru di sentra persiapan untuk mengevaluasi kemajuan dan perkembangan anak. Dengan menggunakan teknik portofolio, guru dapat melacak kemajuan dan perkembangan anak dari waktu ke waktu, melihat bagaimana anak berpartisipasi dalam kegiatan sentra, dan mengidentifikasi area di mana anak mungkin memerlukan dukungan tambahan. Selain itu, portofolio memungkinkan anak untuk merayakan pencapaian mereka dan melihat kemajuan mereka dari waktu ke waktu.