Refleksi Rancangan Pembelajaran
Pendahuluan: Dalam artikel ini, kita akan merefleksikan rancangan pembelajaran yang disusun oleh seorang guru di sekolah. Kita akan mengevaluasi kompetensi dan tujuan pembelajaran, asesmen yang digunakan, pendekatan, model, dan media pembelajaran yang diterapkan, serta apakah rancangan pembelajaran tersebut menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD). Terakhir, kita akan memberikan saran atau perbaikan berdasarkan hasil telaah kita. Bagian: ① Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran: Identifikasi kompetensi dan tujuan pembelajaran yang terdapat dalam rancangan pembelajaran yang kita telaah. ② Asesmen dan Kesesuaian dengan Tujuan Pembelajaran: Analisis kesesuaian antara asesmen yang digunakan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. ③ Pendekatan, Model, dan Media Pembelajaran: Identifikasi pendekatan, model, dan media pembelajaran yang digunakan dalam rancangan pembelajaran. Jelaskan apakah langkah-langkah tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran dan asesmen yang digunakan. ④ Penerapan Prinsip Understanding by Design (UbD): Evaluasi apakah rancangan pembelajaran tersebut menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD). Jelaskan alasannya. Kesimpulan: Berikan saran atau perbaikan berdasarkan hasil telaah terhadap rancangan pembelajaran yang kita telaah.