Pola Pengembangan dalam Tulisan Argumentatif di Bidang Kuliah
Dalam menulis artikel argumentatif di bidang kuliah, terdapat dua pola pengembangan yang umum digunakan, yaitu pola pengembangan sebab-akibat dan pola pengembangan perbandingan. Pola pengembangan sebab-akibat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara suatu peristiwa atau fenomena dengan akibat yang ditimbulkannya. Contohnya, dalam artikel tentang dampak perubahan iklim terhadap kesehatan manusia, penulis dapat menggunakan pola pengembangan sebab-akibat untuk menjelaskan bagaimana perubahan iklim dapat menyebabkan peningkatan penyakit pernapasan dan gangguan kesehatan lainnya.
Pola pengembangan perbandingan, di sisi lain, digunakan untuk membandingkan dua atau lebih hal yang memiliki kesamaan atau perbedaan. Contohnya, dalam artikel tentang kelebihan dan kekurangan belajar online, penulis dapat menggunakan pola pengembangan perbandingan untuk membandingkan fleksibilitas waktu belajar, interaksi sosial, dan kualitas materi pembelajaran antara belajar online dan belajar tatap muka.
Kedua pola pengembangan ini dapat digunakan secara efektif dalam menulis artikel argumentatif di bidang kuliah. Pola pengembangan sebab-akibat membantu penulis untuk menjelaskan hubungan kausal antara fenomena yang diteliti dengan akibat yang ditimbulkannya, sedangkan pola pengembangan perbandingan membantu penulis untuk membandingkan dan mengevaluasi dua atau lebih hal yang relevan dengan topik yang dibahas.
Dalam menulis artikel argumentatif di bidang kuliah, penting untuk memilih pola pengembangan yang paling sesuai dengan topik yang dibahas. Selain itu, penulis juga perlu menyajikan argumen yang kuat dan berdasarkan fakta yang dapat dipercaya. Dengan menggunakan pola pengembangan yang tepat dan menyajikan argumen yang kuat, penulis dapat menghasilkan artikel yang informatif dan persuasif.