Menavigasi Dilema Teori dan Praktik dalam Pengembangan SDM Kritis
Pengembangan SDM kritis sebagai bidang studi, pendekatan praktik, dan pendidikan profesional telah menimbulkan tantangan teoretis dan praktis. Artikel ini berargumen bahwa SDM kritis tetap layak, meskipun tantangan ini. Dasar untuk SDM kritis dapat mencakup tujuan reformasi tempat kerja yang sejalan dengan keadilan, keadilan, dan demokrasi organisasi; pengetahuan yang diperlakukan sebagai kontes, politik, dan non-performatif; penyelidikan yang difokuskan pada denaturalisasi kekuatan dan hubungan pengetahuan organisasi; dan metode refleksi dan tantangan kritis terhadap kondisi yang ada. SDM kritis harus menavigasi persimpangan yang sulit antara prinsip-prinsip ini dan komitmen untuk pengembangan individu, karir, dan organisasi, sementara waspada terhadap peringatan Fournier dan Grey (2000) tentang menjadi suara token atau 'mengdegenerasi' menjadi aktivisme yang tidak kritis, yang dapat mengakibatkan penolakan cepat dari dunia teori dan praktik SDM yang lebih luas. Dilema ini memberikan peluang untuk masa depan yang kaya dari studi dan eksperimen. Tugas untuk teorisasi lebih lanjut akan menjadi menjelajahi apa yang tampaknya kontradiksi fundamental antara orientasi manajerialis dan radikal. Perangkap untuk dihindari termasuk mewakili manajer sebagai penganiaya yang tidak dapat disangkal, terjebak dalam ilusi yang naturalisasi tentang kepentingan yang bersifat unitary pekerja/manajer, atau mengasumsikan bahwa ruang dialogis di tempat kerja adalah masalah yang tidak pernah ada. Perhatian yang sangat dibutuhkan mungkin diperlukan untuk menghindari resep manajemen manusia yang lembut yang mengklaim untuk memberdayakan, yang menurunkan kritik Alvesson dan Willmott sebagai 'versi yang sangat mengerikan dan tercemar secara ideologi dari 'emancipation'' yang membutuhkan kritik yang keras (1996, h. 229). SDM kritis dapat menemukan dukungan dari studi manajemen kritis dan pendidikan dewasa kritis, serta kaya literatur di bidang studi organisasi kritis. Menjalankan orientasi kritis terhadap SDM dalam praktik organisasi, serta dalam studi akademis dan pendidikan, pasti kompleks.