Analisis Tingkat Kelulusan Mahasiswa pada Lima Mata Kuliah Berbeda di Sebuah Perguruan Tinggi
Dalam sebuah perguruan tinggi, data jumlah mahasiswa yang mengambil ujian akhir pada lima mata kuliah berbeda menunjukkan variasi dalam tingkat kelulusan. Mata kuliah B dan D memiliki tingkat kelulusan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mata kuliah lainnya. Dari data yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa mata kuliah B memiliki tingkat kelulusan sebesar 70% (63 mahasiswa lulus dari total 90 mahasiswa) dan mata kuliah D memiliki tingkat kelulusan sebesar 68% (55 mahasiswa lulus dari total 80 mahasiswa). Analisis data tersebut menunjukkan bahwa faktor-faktor tertentu mungkin memengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa dalam suatu mata kuliah. Hal ini dapat meliputi metode pengajaran yang digunakan, tingkat kesulitan materi, minat dan motivasi mahasiswa, serta faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kinerja akademik mereka. Dengan memperhatikan perbedaan tingkat kelulusan antara mata kuliah yang berbeda, perguruan tinggi dapat melakukan evaluasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja mahasiswa. Langkah-langkah perbaikan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan tingkat kelulusan dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Melalui analisis data yang teliti dan pemahaman mendalam terhadap faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa, perguruan tinggi dapat meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran, serta memberikan dukungan yang lebih baik kepada mahasiswa dalam mencapai kesuksesan akademik.