Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Periode Pandemi
Pada awal pandemi, pemerintah menerapkan prinsip prioritas kesehatan dan keselamatan dalam penyediaan pendidikan dengan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak serta hak-hak anak. Selama lebih dari setahun, sekolah tidak mengadakan kegiatan tatap muka: pembelajaran dilakukan secara daring. Ternyata pembelajaran daring menyebabkan banyak masalah bagi guru, siswa, dan orang tua. Banyak keluhan datang dari siswa dan orang tua. Mereka mengeluh tentang fasilitas untuk pembelajaran daring, termasuk ponsel, paket kuota internet yang sulit dijangkau. Meskipun mereka menerima bantuan kuota pendidikan dari pemerintah, hal ini tidak membuat implementasi daring menjadi lebih mudah.
Dampak negatif dari implementasi pembelajaran daring adalah hilangnya antusiasme belajar pada anak-anak disiplin. Tanggung jawab tugas sekolah bahkan sebagian besar dilakukan oleh orang tua sehingga lebih sulit bagi guru untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa. Orang tua juga merasa kesulitan dengan tugas yang diberikan oleh guru karena secara tidak langsung merekalah yang kemudian menjadi pengajar di rumah. Banyak dari mereka akhirnya bertengkar dengan anak-anak mereka . Melihat kondisi seperti ini tentu sangat memprihatinkan . Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.
Hal ini tentu sangat mendukung bagi para guru , siswa ,dan orang tua.Mereka menyambutnya dengan sukacita.Anak-anak mulai pergi ke sekolah dengan seragam baru karena selama pandemi pakaian mereka tidak dapat dipakai Walaupun kehadiran di sekolah hanya $50\%$ dari jumlah siswa,tidak membuat mereka putus asa.Mereka bertekad mengejar apa yang telah terlewatkan saat belajar secara online.
Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah dan diverifikasi oleh lembaga terkait termasuk :sekolah harus memiliki MOU dari Dinas Kesehatan,dalam hal ini Pusat Kesehatan Kecamatan sebagai mitra kerjasama.Sekolah harus memiliki persetujuan orangtua:jika mereka mengizinkannya,maka pembelajaran tatap muka dapat berlangsung.Tapi,jika mereka tidak mengizinkannya,maka pembalajran tatap muka tidak bisa berlangsung.Fasilitas-faslitas di sekolah ,seperti tempat cuci tangan,sabun cuci tangan,tisu di setiap kelas,dan masker cadangan,harus disediakan oleh sekolah minimal dua kali lipat jumlah murid di sekolahan.
Ini agar jika ada murid-murid yang datang ke sekolahan tanpa menggunakan masker,mereka bisa menggunakan masker yang disediakan oleh Sekolahan Setiap hari sebelum pelaksanaaan proses belajar dimulai,setiap ruang kelas harus disemprot desinfektans Sebelum masuk kedalam lingkungan Sekolahan,suhu tubuh anak-anak harus dicek.Jika suhu tubuh anak melebihi $37,5^{\circ }C,$ maka si anank tersebut tak boleh masuk kedalam ruang kelas.Sebeum masuk kedalam ruang kelas,mereka wajib mencuci tanganya ditempat cuci tangan yg sudah tersedia.