Strategi Mengatasi Keterbatasan Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Kurikulum
Pendahuluan: Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di sekolah dapat berdampak signifikan terhadap pengembangan, pengelolaan, dan pencapaian kurikulum. Dalam kondisi seperti ini, kepala sekolah harus mampu mengembangkan strategi yang efektif untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Bagian pertama: Menerima Tantangan Menerima tantangan yang datang dengan keterbatasan SDM adalah langkah pertama yang harus dilakukan kepala sekolah. Dengan menerima tantangan tersebut, kepala sekolah dapat memahami situasi dan kondisi yang ada di sekolah. Bagian kedua: Mengembangkan Strategi Setelah memahami situasi dan kondisi yang ada, kepala sekolah dapat mengembangkan strategi untuk mengatasi keterbatasan SDM. Strategi ini harus berdasarkan skala prioritas dan harus disesuaikan dengan kondisi sekolah. Bagian ketiga: Melibatkan Semua Pihak Kepala sekolah juga harus melibatkan semua pihak yang terkait dalam proses pengembangan, pengelolaan, dan pencapaian kurikulum. Dengan melibatkan semua pihak, kepala sekolah dapat memastikan bahwa semua pihak memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas dalam mencapai tujuan kurikulum. Kesimpulan: Dalam menghadapi keterbatasan sumber daya manusia, kepala sekolah harus menerima tantangan, mengembangkan strategi, dan melibatkan semua pihak yang terkait. Dengan langkah-langkah ini, kepala sekolah dapat mengatasi keterbatasan SDM dan mencapai tujuan kurikulum dengan baik.