Analisis Hasil Ujian Matematika di Suatu SMK

essays-star 4 (233 suara)

Dalam artikel ini, kita akan menganalisis hasil ujian matematika di sebuah SMK berdasarkan data yang diberikan. Data tersebut terdiri dari nilai frekuensi dalam rentang 41-50, 51-60, 61-70, 71-80, 81-90, dan 91-100. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menentukan nilai rata-rata yang paling mungkin didapatkan oleh siswa-siswa di SMK tersebut. Dalam tabel yang diberikan, terlihat bahwa frekuensi tertinggi terdapat pada rentang nilai 71-80, dengan jumlah siswa sebanyak 14. Rentang nilai ini diikuti oleh rentang 81-90 dengan 13 siswa. Rentang nilai terendah adalah 41-50 dengan hanya 4 siswa. Dalam menentukan nilai rata-rata yang paling mungkin, kita dapat menggunakan metode frekuensi relatif. Dalam hal ini, kita akan mengalikan setiap rentang nilai dengan frekuensi siswa yang mendapatkan nilai dalam rentang tersebut. Kemudian, kita akan menjumlahkan hasil perkalian tersebut dan membaginya dengan total frekuensi siswa. Setelah melakukan perhitungan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,5. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan di atas adalah A. 77,5. Analisis ini memberikan gambaran tentang performa siswa dalam ujian matematika di SMK tersebut. Meskipun rentang nilai tertinggi adalah 71-80, namun nilai rata-rata yang paling mungkin adalah 77,5. Hal ini menunjukkan adanya variasi dalam hasil ujian matematika di antara siswa-siswa di SMK tersebut. Dalam kesimpulan, analisis ini memberikan wawasan tentang hasil ujian matematika di suatu SMK berdasarkan data yang diberikan. Meskipun frekuensi tertinggi terdapat pada rentang nilai 71-80, namun nilai rata-rata yang paling mungkin adalah 77,5. Analisis ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan performa siswa dalam ujian matematika di SMK tersebut.