Fungsi Governor pada Sistem Injeksi In-Line
Governor adalah salah satu komponen penting dalam sistem injeksi in-line pada mesin diesel. Fungsi utama governor adalah mengatur kecepatan putaran mesin agar tetap stabil dan sesuai dengan kebutuhan. Governor bekerja dengan mengontrol jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam silinder mesin. Alat yang digunakan untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder adalah injector. Injector berperan sebagai saluran untuk mengirimkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin. Bahan bakar yang disemprotkan oleh injector harus dalam jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat untuk mencapai pembakaran yang efisien. Selain itu, terdapat juga alat yang digunakan untuk memanaskan ruangan pre-chamber pada saat mulai start. Alat ini disebut glow plug. Glow plug berfungsi untuk memanaskan udara di dalam pre-chamber sehingga memudahkan proses pembakaran saat mesin dihidupkan. Sistem bahan bakar diesel jenis pompa injeksi rotary atau distributor memiliki perbedaan dengan sistem pompa injeksi in-line. Pada sistem pompa injeksi rotary atau distributor, bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder melalui rotor yang berputar. Sedangkan pada sistem pompa injeksi in-line, bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam silinder melalui injector. Bagian-bagian pokok pompa injeksi rotary/distributor meliputi rotor, distributor, dan nozzle. Rotor berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar, distributor berfungsi untuk mengarahkan bahan bakar ke masing-masing silinder, dan nozzle berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder. Untuk mengeluarkan dan mencegah udara palsu dari sistem bahan bakar, dapat dilakukan dengan menggunakan alat bernama purger. Purger berfungsi untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam sistem bahan bakar. Selain itu, juga perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap sistem bahan bakar untuk mencegah terjadinya udara palsu. Water sedimenter adalah alat yang digunakan pada sistem bahan bakar pompa injeksi distributor untuk memisahkan air dari bahan bakar. Air yang terkumpul di dalam sistem bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin, oleh karena itu water sedimenter sangat penting untuk menjaga kebersihan bahan bakar. Pada sistem bahan bakar common rail, terdapat satu pompa bahan bakar yang digunakan. Pompa ini berfungsi untuk menghasilkan tekanan tinggi pada bahan bakar sebelum disemprotkan ke dalam silinder. Dengan tekanan tinggi, pembakaran bahan bakar menjadi lebih efisien dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Fungsi distributor pada sistem bahan bakar rotary/distributor adalah mengarahkan bahan bakar ke masing-masing silinder. Distributor bekerja dengan mengatur aliran bahan bakar ke rotor yang berputar, sehingga bahan bakar dapat disemprotkan ke dalam silinder dengan tepat. Pompa injeksi common rail adalah sistem bahan bakar yang menggunakan tekanan tinggi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder. Sistem ini memiliki beberapa bagian utama, antara lain pompa bahan bakar, rail, injector, dan sensor tekanan. Pompa bahan bakar bertugas untuk menghasilkan tekanan tinggi, rail berfungsi sebagai saluran untuk mengirimkan bahan bakar ke injector, injector berperan sebagai alat untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder, dan sensor tekanan digunakan untuk mengukur tekanan bahan bakar dalam sistem. Bagian-bagian penting yang mendapatkan perawatan secara khusus pada mesin diesel meliputi filter udara, filter bahan bakar, dan filter oli. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin agar bersih dari debu dan kotoran. Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari kotoran dan air. Sedangkan filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang terdapat dalam oli mesin. Dalam kesimpulan, governor memiliki