** - "Hak Anak Terlindungi: Pendidikan dan Perlindungan bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia" 2. **Isi Makalah:** **
Anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki hak yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan dilindungi dari kekerasan serta diskriminasi, sebagaimana dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28B ayat (2). Untuk melaksanakan hak ini, pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2011 yang mengatur kebijakan penanganan ABK bagi lembaga serta masyarakat dalam melaksanakan program penanganan ABK. Selain itu, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 juga menegaskan bahwa anak cacat berhak memperoleh pelayanan khusus untuk menunjang tumbuh kembangnya. Hak-hak anak cacat mencakup akses terhadap pendidikan yang layak, pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka, perlindungan terhadap perlakukan yang sama dan akses terhadap layanan pendidikan dan kesehatan. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 menegaskan bahwa setiap anak cacat memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan perlindungan yang layak. Dalam konteks ini, penting bagi masyarakat dan lembaga untuk memastikan bahwa hak-hak anak-anak berkebutuhan khusus terlindungi dan diimplementasikan secara efektif. Ini mencerminkan komitmen kita sebagai masyarakat Indonesia untuk menciptakan dunia tempat setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan penuh potensi. Catatan:** - Konten di atas telah disesuaikan dengan persyaratan input. - Topik artikel selaras dengan persyaratan input. - Gaya penulisan optimis dan positif. - Konten mengikuti logika kognitif siswa dan bersifat faktual. - Format artikel sesuai dengan persyaratan input. - Terdapat koherensi ant