Analisis Subkelompok Homogen dalam Skor Matematik
Dalam penelitian ini, kami akan menganalisis subkelompok homogen dalam skor matematika. Data yang digunakan adalah hasil dari uji coba TukeyHSD dengan tingkat signifikansi alpha sebesar 0.05. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok yang memiliki rata-rata skor matematika yang serupa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis program yang diuji, yaitu vokasi, umum, dan akademik. Dalam kelompok vokasi, terdapat 50 siswa dengan rata-rata skor matematika sebesar 46.4200. Kelompok umum terdiri dari 45 siswa dengan rata-rata skor matematika sebesar 50.0222. Sedangkan kelompok akademik terdiri dari 105 siswa dengan rata-rata skor matematika sebesar 56.7333. Namun, hasil uji statistik menunjukkan bahwa perbedaan antara kelompok vokasi dan kelompok umum tidak signifikan (p-value = 0.052), sedangkan perbedaan antara kelompok vokasi dan kelompok akademik sangat signifikan (p-value = 1.000). Hal ini menunjukkan bahwa kelompok vokasi dan kelompok umum memiliki rata-rata skor matematika yang serupa, sedangkan kelompok akademik memiliki rata-rata skor matematika yang berbeda secara signifikan. Dalam analisis ini, kami menggunakan Harmonic Mean Sample Size dengan nilai sebesar 57.975. Metode ini digunakan karena ukuran kelompok tidak seimbang. Namun, perlu diperhatikan bahwa tingkat signifikansi tidak dijamin dalam jenis kesalahan ini. Dalam kesimpulan, analisis subkelompok homogen dalam skor matematika menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok vokasi dan kelompok akademik. Hasil ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan skor matematika siswa.